Kantor Bahasa Maluku Gelar Rakor Pemartabat Bahasa Indonesia

Ambon, ambontoday,com – Untuk meningkatkan jumlah pemakai dan mutu Bahasa Indonesia secara aktif di Maluku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI) melalui Kantor Bahasa Maluku bekerjasama dengan Duta Bahasa Maluku menggelar Rapat Koordinasi Pemartabat Bahasa Indonesia.

“Bahasa Indonesia seharusnya menjadi tuan rumah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Kepala Kantor Bahasa Maluku, Asrif M. Hum dalam sambutannya di ruang rapat lantai VI Kantor Gubernur Maluku, Senin (12/6/2017).

Menurutnya, tanggung jawab kita adalah menegakan kehormatan bahasa negara sebagai identitas masyarakat Indonesia.

“Kitalah yang seharusnya menjaga kehormatan negara ini dengan tetap percaya diri menggunakan bahasa negara yakni bahasa Indonesia,” Asrif melanjutkan.

Sesuai UU No. 24 Tahun 2009 hadir untuk merespon situasi kebahasaan di Indonesia, terutama pada bahasa asing, karena saat ini terdapat gejala penggunaan Bahasa asing yang justru menggeser penggunaan Bahasa Indonesia.

Oleh karena itu, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat berinteraksi antar sesama anak bangsa, walau berlantar belakang bahasa daerah yang berbeda-beda, karena bahasa Indonesia menjadi penyatu, perekat, dan penanda identitas masyarakat Indonesia. (AT-011)