Kearifan Lokal Dikembangkan Melalui Permainan Rakyat Guna Memeriahkan HPN 2017

Ambon, Ambontoday,com – Kehidupan dslam Kebersamaan orang basudara di Maluku merupakan Budaya yang tak pernah hilang, Dinas Pemerintah Provinsi Maluku bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku menggelar Permaianan Rakyat untuk Memeriahkan Hari Pers Nasional Tahun 2017, yang berlangsung di seputaran Jalan Sultan Hariun selama empat hari sejak 5-8 Februaru 2017, Ungkap Ketua Panitia HPN Bidang Olahraga dan Permainan Rakyat, Semmy Huwae kepada Ambontoday,com Minggu (05/02/2017).

Adapun tujuan dari Permainan Rakyat adalah untuk mengembangkan kembali budaya lokal yang hilang lewat HPN ini, sehinga semua element baik wartawan, anak sekolah dan masyarakat dapat terlibat.

Selain itu, peserta yang mengikuti kegiatan permaianan rakyat berjumlah seratus orang yang berasal dari Sekolah Dasar yang ada di Kota Ambon. Jenis permainan rakyat yang dimaiankan antara lain; assen, tarompa panjang, engran, sahureka-reka, lompat tali, benteng, gici -gici dan bambu gila.

Huwae berharap, lewat permainan rakyat ini dapat diperkenalkan ditengah-tengah situasi dan jaman yang berubah pesat, sehingga permainan rakyat yang mulai hilang dapatbdihidupkam kembali, terlebih khusus bagi para tamu yang datang melihat kearifan lokal dari orang Maluku , agar para tamu dapat memahami dan mengetahuinya.

Disamping itu, HPN juga dapat terasa di semua lapisan masyarakat termasuk semua anak sekolah, agar ketahanan HPN ikut membumi lewat pikiran-pikiran yang berkembang.

” HPN bukan sebatas wartawan, ASN di tingkat Provinsi, kabupaten/kota dan juga anak sekolah, tapi HPN merupakan Hari Pers Nasioanal yang didalammnya terkandung molai kebersamaan dari orang basudara untuk mengembangkan nilai-nilai budaya yang mulai menghilang,” cetus Huwae

Hal ini terlihat dengan pelaksanaan jalan santai dan bersih laut, karena semua element dan komponen dapat terlibat dan menikmati perayaan HPN dengan penuh kebersamaan. (AT-009)

Jadilah Orang Pertama share:
author