Ambon, Ambontoday.com.- Kebakaran Hutan kembali ancam sejumlah wilayah di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Ini bukan pertama kali tapi hampir setiap tahun persitiwa seperti ini terus berulang, apalagi bila musim kemarau melanda.

Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran KKT, selama inipun masih belum bisa mengantisipasi secara dini kejadian seperti ini diakibatkan minimnya armada pemadam kebakaran serta kurangnya koordinasi antara tiap Pemerintah Desa dengan Damkar.

Hal ini disampaikan salah satu narasumber yang enggan namanya dipublikasikan kepada media ini, Rabu 15 September 2021 via telephone seluler.

Menurutnya, saat  ini sudah terjadi kebakaran hutan di beberapa titik di kabupaten KKT, bahkan hari Rabu 15 September, kejadian serupa menimpa kawasan hutan di dekat Pangkaan TNI Angkatan Laut Saumlaki, sementara beberapa hari kemarin kejadian serupa juga terjadi di hutan Desa Batu Putih.

“Memang peristiwa kebakaran hutan di KKT hampir setiap tahun terjadi, apalagi kalau musim kemarau. Kejadian seperti ini bisa disebabkan karena fenomena alam ataupun tindakan kesengajaan dari oknum-oknum tertentu.

Dinas Pemadam Kebakaran selama ini sudah melakukan sosialisasi dan meminta setiap Desa yang sering mengalami kebakaran hutan untuk melakukann koordinasi intens dengan Dinas guna antisipasi dan penanganan persoalan ini, namun kesadaran dari Pemerintah Desa masih minim, ditambah lagi dengan minimnya armada mobil pemadam kebakkaran yang dimiliki Dinas saat ini,” jelas sumber itu.

Untuk itu, diharapkan kedepan supaya setiap Desa yang sering mengalami kebakaran hutan mesti secara intens berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran KKT, guna melakukan langkah-langkah antisipasi dan penanganan peristiwa kebakaran hutan.

Dirinya juga meminta kepada oknum-oknum tertentu yang secara sadar dan sengaja melakukan pembakaran hutan untuk tidak melakukan perbuatan tersebut sebab dapat menggangu ekositim alam dan juga bisa berdampak pada diri pelaku dengan jeratan hukum.

Print Friendly, PDF & Email