Saumlaki, ambontoday.com – Sekolah Dasar (SD) Naskat Santo Fransiskus Saverius Atubul Da, Kabupaten Kepulauan Tanimbar melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK).

Ke 29 peserta selama lima hari mengikuti ujian pekan ini, ditunjang lewat prasarana yang memadai berkat kesanggupan tenaga operator serta dewan guru, hanya fasilitas berupa komputer yang masih terbatas.

Kepala SD Naskat Santo Fransiskus Saverius Atubul Da Hilarius Kelbulan, S.Ag mengakui; “Kendala saat ujian berbasis komputer di SD Naskat Atubul Da ini baru pertama kali. Dan dilakukan secara bertahap karena jumlah komputer yang tersedia hanya 14 (empat belas) unit. Namun untuk persiapan kami sudah siap, baik dari segi prokes, maupun dari segi saranan dan prasarana termasuk kesiapan siswa untuk sistem ujian USBK” kata Kelbulan saat ditemui di ruangannya pada senin (09/5)

“Berdasarkan regulasi pemerintah yang memberikan kewenangan atas penyelenggaraan Ujian Sekolah secara teknis sampai pada penentuan hasil kelulusan siswa ditentukan langsung dari sekolah asal. Atas dasar itu, kami harapkan adanya perhatian serius dari pemerintah untuk membantu sekolah kami lewat sarana dan prasaran yang diperlukan”. Tambah Kelbulan.

Pelaksanaan USBK secara serempak, serta mewajibkan peserta mengikuti 9 (sembilan) mata pelajaran yang harus diantaranya : Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarga Negaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ipa, IPS, Penjaskes, SBDP, dan Mulok.

Sementara itu, Operator Sekolah Yohanis Naranlele mengaku, “Ujian Sekolah Berbasis Komputer untuk anak SD Naskat Atubul Da, sebagai penyelenggara kami sudah siap dari awal mulai dari perangkat jaringan sampai teknis komputer. Selain itu juga para siswa mendapat simulasi 2 minggu sebelum ujian ini berlangsung”

“Bersyukur, hari pertama sampai hari kedua ini, semua berjalan baik, kalaupun kendala yang dihadapi hanya soal aplikasi sistem WOKA CBT yang kadang tidak berjalan normal” Ucap Naranlele.

Saat pihak penyelenggara bersama Pemerintah Desa Atubul Da sebagai pengawas pendidikan turut memantau para siswa yang mengikuti ujian, dan terlihat anak-anak begitu fokus menghadapi soal ujian dimaksud.(AT/AL)

Print Friendly, PDF & Email