KELILING TIGA KECAMATAN DI P.BABAR, MASYARAKAT SIAP MENANGKAN PASANGAN KALWEDO

Tiakur-MBD, ambontoday.com – Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang diusung partai Gerindra dan Golkar nomor urut 1, Nikolas Johan Kilikily, SH. MH & Desianus Orno, S. Sos. M. Si atau dikenal dengan jargon “Kalwedo” temui pendukungnya dari desa ke desa yang tersebar di Kecamatan Pulau-pulau Babar, Kecamatan Pulau Babar Timur dan Kecamatan Babar Barat dan Kecamatan Pulau Wetang.

Pasangan kuda hitam pada pilkada serentak 2020 di Kabupaten MBD ini, disambut antusias warga saat tiba di pelabuhan Tepa, pada Senin (05/10/2020) menggunakan Kapal Pelni Sabuk 104 sekitar pukul 13.00 Wit.

Konvoi menggunakan kapal motor, speed boot dan perahu yang dihiasi bendera partai Gerindra & Golkar mewarnai penyambutan pasangan Niko-Odie dan rombongan di areal seputaran pelabuhan.

Setiba di pelabuhan Tepa, Niko-Odie berserta istri dan tim disambut secara adat oleh tokoh – tokoh adat , relawan dan simpatisan.

Keduanya di sarungkan kain adat Basta dan minum sopi dan makan sirih pinang sebagai simbol budaya dan adat masyarakat setempat.

Tarian Seka dari masyarakat desa Tela juga mewarnai penyambutan Paslon Kalwedo saat itu. Kemudian Niko-Odie dan rombongan berjalan kaki didampingi ketua tim relawan desa Tepa, Hengky Mosse dan anggota relawan lainnya, Rudolf Anmama, Tom Mosse, Hamid Azis, Joko Kilikily, Yunus Agoha & Abdurahman Lating dan touch agama, Pdt Daniel Batmanlussy, menuju
rumah tua Watrimny , rumah tua Romlakri dan Rumah tua Romadi.

Perjalanan blusukan paslon nomor urut 1 ini dimulai dari Desa Kroing sekitar pukul. 16.20 Wit dengan menggunakan kendaraan roda empat sebanyak lima unit dan tiba pukul 18.42 Wit.

Paslon Kalwedo (Niko-Odie) disambut hangat oleh tokoh-tokoh adat, tim pemenang Kecamatan Babar Timur dari Partai Gerindra, Bernadus Hematang, Mofun dari Partai Golkar, relawan Niko-Orno Desa Kroing ,Yacob Uniwaly, Robert Sinay, Tos Enmemy
& John Enmemy dan diantar menuju rumah tua Rumkoda.

Dari Desa Kroing, paslon Kalwedo dan rombongan menuju Desa Emplawas pukul. 19.10 dan tiba pukul 21.40 Wit guna melakukan pertemuan di mata rumah Upuhupun.

Siangnya, paslon Kalwedo melakukan kampanye yang dihadiri ratusan warga Emplawas.

Dalam kampanye tersebut paslon yang disebut kuda hitam dalam pilkada serentak MBD 2020 ini, menyampaikan visi dan misinya dalam membangun MBD lima tahun mendatang yakni menjadikan MBD yang religius, berbudaya, maju dan mandiri dalam bingkai Kalwedo.

Warga Desa Emplawas yang merupakan tanah kelahiran Almarhumah Yos Imsula/Orno, istri mantan Bupati MBD dua periode, Drs Barnabas N. Orno bersepakat mendukung penuh dan siap memenangkan paslon nomor urut 1, Niko-Odie pada tanggal 9 Desember 2020 nanti.

Dari Emplawas, rombongan Niko-Odie bergerak menuju Desa Analutur, sekitar pukul 15.45 Wit di rumah keluarga Herman Ornaloy untuk melakukan kampanye, Selasa (06/10).

Puluhan warga hadiri kampanye tersebut dengan tertib dan selalu mematuhi protokoler kesehatan Covid-19 sesuai ketentuan yang diatur dalam PKPU maupun STTP yang diterbitkan oleh Polres Kabupaten MBD.

Sebagai jurkam saat itu, paslon Bupati, Nikolas Johan Kilikily, didampingi anggota fraksi Gerindra & Golkar DPRD Kabupaten MBD, Corneles Lokwatty dan Jhon Mosse, Sekretaris DPD I Golkar Maluku, Pdt. J. Timisela, S. Th, Ketua Bapilu DPD I Golkar Maluku, Ir. Frets Kerlely, penasihat paslon Kalwedo, Adolof Saleky dan Wakil Ketua tim kampanye paslon Kalwedo, Buce Yeremias. Turut disaksikan, anggota Panwas Kecamatan P. p Babar Timur, Josua Lakburlawar.

Perjalanan dilanjutkan ke Desa Letsiara, Kecamatan Babar Barat, sekitar pukul. 16.08 Wit, Rabu (07/10).

Di Desa Letsiara, paslon Niko-Odie berkesempatan melakukan kampanye dihadapan 50 pendukungnya dan diawasi ketat oleh Ketua Panwas Kecamatan, Meliana W. Anmama, S. Pd dan Pengawas Kelurahan Desa Letsiara, Yongky Anmama.

Kampanye itu dikawal oleh satu personil Polsek Tepa, Bripka A. Amiruddin.

Perjalanan masih terus berlanjut. Setiba di Tepa, malam itu juga, paslon Niko-Odie dan tim

bergerak menuju Kecamatan Pulau Wetang menggunakan perahu motor.

Desa yang pertama disinggahi yakni Upuhupun. Desa ini merupakan tempat kelahiran calon Bupati MBD, Nikolas Johan Kilikily.

Kedatangan Niko-Odie disambut hangat tokoh adat di rumah tua Room Rommaty. Kedua tokoh ini didoakan oleh pemuka adat serambi di berikan segelas sopi dan sirih pinang.

Pertemuan mata rumah Room Rommaty ini diakhiri dengan jamuan makan malam.

Setelah itu, Niko-Odie bergerak menuju Desa Rumah Lewang Besar. Desa Rumah Lewang Besar ini merupakan tempat kelahiran Mantan Bupati MBD, Drs. Barnabas Orno dan Odie Orno yang saat ini maju sebagai calon wakil Bupati MBD 2020.

Kamis (08/10), Niko-Odie dan tim melakukan perjalanan di Desa Tela, Imroing, Masbuar menemui pendukung Kalwedo.

Di tiga desa tersebut, antusias warga sangat luar biasa menyambut kedatangan paslon Niko-Odie dan rombongan.

Masyarakat di dataran Babar Barat ini berkomitmen akan memenangkan paslon nomor urut 1 pada tanggal 9 Desember 2020 nanti.

Usai melakukan blusukan dari desa ke desa di Pulau-pulau Babar, calon Wakil Bupati MBD, Odie Orno dan istri serta beberapa rombongan menuju pulau Sermatang kemudian pulau Luang Barat dan Timur untuk berjumpa dengan pendukung paslon Kalwedo.

Sementara calon bupati MBD, Nikolas Johan Kilikily dan rombongan lainnya menuju kota Tiakur menggunakan KM sabuk nusantara 67 dari pelabuhan Tepa. (AT/Tim)

author