17 July 2024
Kab.BurSel Politik_Daerah

Keluhkan Infrastruktur Jalan, Masyarakat Ambalau Sembagi DPRD Maluku

AMBON, Ambontoday.com- Keluhkan infrastruktur jalan dan jembatan yang belum dibangun secara maksimal, Masyarakat Ambalau, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yang tergabung dalam Nusamba (Nusa Laut Ambalau), mendatangi DPRD Provinsi Maluku, Senin (4/9/2023).

Masyarakat yang hidup di pulau yang berjarak 100 km ke pusat ibukota Kabupaten, Namrole, masih dikatakan terisolir, terutama dari sisi infrastruktur jalan yang menghubungkan tujuh negeri.

Pembangunan jalan lingkar Ambalau, telah diusulkan masyarakat setempat ke Pemerintah Kabupaten Buru Selatan, namun hingga kini tidak mendapat respon baik dari Bupati, Safitri Malik.

“Mereka datang kesini mewakili masyarakat Nusamba. Sudah berulang kali mengusulkan ke Pemkab Bursel, namun sampai sekarang pemda setempat belum melakukan langkah-langkah guna merealisasikan apa yang menjadi harapan masyarakat. Olehnya itu, mereka membuat surat-surat ke Bupati Bursel tembusan kepada pimpinan DPRD, kemudian hari ini rapat dengan BPJN,” ungkap Ketua Komisi III DPRD Maluku, Richard Rahakbauw kepada wartawan usai rapat bersama BPJN Maluku di Kantor DPRD Maluku.

Rahakbauw menilai, selama ini Pemkab Buru Selatan, tidak tanggap dalam merespon apa yang menjadi kebutuhan masyarakatnya. Apalagi usulan tersebut telah disampaikan berulang kali.

Padahal menurutnya, Pemkab Bursel dapat memanfaatkan Inpres 03 tahun 2023, guna merealisasikan usulan dari masyarakat Ambalau.

“Jalan ini bisa direalisasikan melalui Inpres 03 tahun 2023, dimana pak Presiden menginstruksikan agar semua jalan baik yang berstatus nasional maupun Provinsi, kabupaten/kota bisa mengusulkan untuk dibangun dengan dana Inpres, namun sayangnya Pemkab Bursel tidak pro aktif akan hal ini,”tuturnya.

Akibat dari tidak pro aktifnya Pemkab Bursel, itu masyarakat yang dirugikan, karena harus menunggu beberapa tahun lagi untuk direalisasikan.

Misalnya Perpres 18 tahun 2020 RPJMN, tidak mungkin karena program pembangunan sudah clear by name by addres hingga tahun 2024. Begitulah juga Dana Alokasi Khusus (DAK) sudah clear tahun 2023-2024.

Baca Juga  Teken MoU Dengan BNI, Wabup Bursel Ingatkan ASN dan Kades Tentang Pajak

“Atas dasar itu, sehingga kalau mau diusulkan di tahun 2025. Itu artinya Pemkab Bursel tidak tanggap, seharusnya dilihat secara keseluruhan disana warga negara indonesia, membutuhkan jalan,” tandasnya.

Walaupun demikian, sebagai Wakil Rakyat dirinya akan membicarakan hal ini dengan pimpinan DPRD, guna mencari solusi terbaik dalam menjawab aspirasi dari masyarakat Ambalau.

“Satu-satunya jalan kita akan bicarakan dengan Ketua DPRD, untuk komunikasikan dengan DPR RI kemudian bisa disisipkan. Ini pun bisa dikatakan 50:50, tapi Kita akan mencoba, sehingga apa yang menjadi keinginan masyarakat Ambalau dapat terwujud,” pungkasnya. (AT-009)

Spread the love
X