13 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kab.KKT

Kembali Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional jelang Idul Fitri 1444 H Secara Virtual

Saumlaki, ambontoday.com – Dengan berlangsung Zoom Meeting Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional dalam rangka kesiapan menghadapi Idul Fitri 1444 H Tahun 2023, Rabu (12/4).

Kegiatan yang berlangsung secara Virtual tersebut bertempat di Gedung Pelayanan Lantai II Polres Kepulauan Tanimbar, Jl. Ir. Soekarno, Kelurahan Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang dipimpin oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif. Sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Turut hadir Pj. Bupati Kepulauan Tanimbar yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kab. Kepulauan Tanimbar, Ir. Mesala Hutabarat, Kapolres Kepulauan Tanimbar, AKBP Umar Wijaya, S.I.K., para Forkopimda, Manager TBBM Pertamina Saumlaki yang diwakili, Perwakilan Staf Kantor PLN UP3 Saumlaki, Perwakilan Staf Kantor UPBU Mathilda Batlayeri Saumlaki Bpk. Agus beserta Para Kabag, Kasat dan Perwira Polres Kepulauan Tanimbar,

Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, mengatakan Rapat koordinasi lintas sektoral ini merupakan tindak lanjut Rakor Mabes Polri yang telah dilaksanakan tanggal 6 April 2023 lalu, dan Tujuan dari Rapat koordinasi ini agar menyamakan persepsi antara Pemda, TNI dan Polri.

“Operasi Ketupat Salawaku 2023 akan dilaksanakan selama 14 hari yaitu terhitung mulai dari tanggal 18 April s/d 01 Mei 2023,” ungkap Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda menambahkan agar dicek kembali terkait kesiapan tranportasi, kesiapan bapok, pengamanan malam takbiran dan sholat IED serta objek wisata.

Kemudian Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail, mengatakan berkaitan dengan Pengamanan mudik agar pihak Polri khususnya Polda Maluku bersama jajaran yang dibantu oleh TNI agar dalam bertugas dapat mengutamakan tindakan Preemtive.

Tak hanya itu, kegiatan dilanjutkan dengan Paparan oleh Karo Ops Polda Maluku, Kombes Pol. Asep Saepudin, selanjutnya Kementrian Agama Provinsi Maluku, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas I Ambon, BMKG Provinsi Maluku hingga Arahan dari Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa.

Berikut beberapa Penekanan Kapolda Maluku, yang diantaranya agar Siapkan seluruh personil serta peralatan untuk melaksanakan kegiatan operasi ketupat Salawaku tahun 2023 dan Laksanakan semua SOP dan Protap yang telah ditetapkan sesuai Renops ketupat Salawaku tahun 2023.

“Sedini mungkin cegah terjadinya konflik sosial pada saat sebelum dan sesudah operasi ketupat salawaku tahun 2023 khususnya malam takbiran,” ungkap Kapolda.

Harapanya Sinergitas Lintas sektoral antara TNI, Polri dan Pemda tetap terjaga dan terjalin harmonis. (AT/RM)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X