Kerjasama Dengan Lantamal, UKM Debat Laksanakan Seminar dan Joysailing

Ambon, Ambontoday.com – UKM Debat Fakultas Hukum bekerjasama dengan Lantamal IX Ambon melaksanakan seminar dan joysailing dengan tema “Menjaga Laut Kita”. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Lantamal IX Ambon, Sabtu (25/8/2018).

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh 150 orang yang terdiri dari pimpinan Universitas Pattimura, Dekan, Dosen Fakultas Hukum, Alumni Fakultas Hukum, Mahasiswa, dan Pelajar dari SMAN 7 dan 8 Ambon.

Seminar yang dilaksanakan menghadirkan narasumber yaitu Laksma TNI A, Simatupang dan Dr J Leatemia dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang potensi laut Maluku hingga persoalan yang biasa terjadi di Laut serta penegakan hukum yang dilakukan.

Dekan Fakultas Hukum, Rory Akyuwen mengatakan tema yang diambil dalam seminar sangat baik dibicarakan mengingat sistim yang dijalankan dalam menjaga laut oleh pemerintah Pusat seperti penenggelaman kapal, maupun batas kewenangan.

“Batas kewenangan yang harus dieksekusi dilapangan atau di laut,” ujarnya.

Ditambahkan, tak hanya batas kewenangan yang harus diketahui tetapi termasuk peran penegak hukum di laut. “Harus diatur baik-baik untuk penegakan dilaut,” tuturnya.

Tak hanya itu, dalam kegiatan tersebut dilaksanakan joysailing dan demonstrasi dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Lantamal IX Ambon.

Fasilitas yang diberikan berupa 3 buah kapal untuk joysailing dan 1 buah kapal untuk demonstrasi yang dilakukan TNI AL terkait penangkapan kapal ilegal.

Untuk Joysailing peserta diajak berkeliling teluk Ambon melewati ikon kota Ambon yakni Jembatan Merah Putih hingga Ambon City Of Music. (AT-011).

Jadilah Orang Pertama share:
author