Birokrasi dan Pemerintahan

Kilikily, Membuka Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas BPD Dan APD 

Tiakur, ambontoday com – Wakil Bupati maluku Barat Daya Drs. A. L. Kilikily Secara resmi membuka kegiatan peningkatan kapasita Badan permusyawaratan Desa dan aparatur pemerintah Desa di kabupaten Maluku Barat Daya yang berlangsung di aula penginapan michele celin Kaiwatu, jumat (10/9)

Dalam sambutan Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya Drs. A. L. Kilikily bahwa, Kegiatan peningkatan kapasita Badan permusyawaratan Desa dan aparatur pemerintah Desa.

yang laksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Maluku itu dihadiri seluruh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan aparatur Desa sekabupaten MBD.

Lanjut Kilikily, Pelaksanakanya Pembinaan Kapasitas BPD dan Pemerintah Desa oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Maluku. Lanjutnya, komitmen serta niat yang tulus untuk meningkatkan kapasitas aparatur BPD dan Pemerintah Desa dapat, memberikan kontribusi yang signifikan guna, mewujudkan kehidupan masyarakat Desa yang lebih maju, mandiri dan sejahtera,“ tuturnya.

Dikatakannya, sejak lahirnya UU Desa, fokus pembangunan Indonesia dari unit terkecil Pemerintah, yaitu desa. Salah satu Nawacita Pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran bahkan Pemerintah Desa diberikan kewenangan untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri, bahkan diberikan tangung jawab penuh untuk mengelola Dana Desa.

Menurutnya, setiap aparatur pemerintah Desa hendaknya dituntut memiliki integritas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara baik dan benar agar roda pemerintahan bisa berjalan secara optimal, maka itu berhasil dan tidaknya pemerintah Desa dalam melaksanakan roda pemerintah di Desa tidak terlepas dari peran dan foksi permusyawaratan Desa.

Olehnya, sebagai penjaga wibawa Pemerintah desa, BPD diharapkan mampu membangun komunikasi baik dengan kepala desa tanpa ada gesekan, sedangakan sebagai pengawal aspirasi masyarakat dan mendorong terwujudnya aspirasi masyarakat secara sungguh-sungguh,” ucap wagub.

Baca Juga  Latupono : Pinjaman Pemkot ke PT SMI Tidak Menggangu PAD

“karena menyadari pentingnya peran dan tanggung jawab BPD dalam mendukung tata kelola Pemerintah Desa, saya menghimbau kita sekalian sementara mengikuti kegiatan ini maupun secara virtual untuk saling bersinergi antara BPD dan Pemerintah Desa di Kabupaten Maluku Barat Daya guna kemajuan dan kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Wabub berharap kegiatan Peningkatan Kapasitas ini dapat menjadi sarana penting bagi terciptanya Kwalitas sumber daya manusia yang handal, dan juga diserta menjadi wadah konstruktif guna menyamakan persepsi diantara sesama aparatur BPD maupun Pemerintah Desa di kabupaten Maluku Barat Daya,” ungkap Kilikily. (AT/Ari)

 

    error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
    X