Kab.KKT Kriminal Uncategorized

Kilyon Ditahan Satuan Reserse Polres KKT

Saumlaki, ambontoday.com – Pengacara yang cukup ternama di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Kilyon Luturmas ditahan Satuan Reserse Polres KKT Selasa, (8/2) dikediamannya tepat pukul 11.30 Wit.

Pantauan ambontoday.com di lokasi penahanan hingga ke Polres KKT, Kilyon kini sudah ada di rumah tahanan Polres KKT.

Kilyon Ditahan pasca ditetapkan oleh Satuan Reserse Polres KKT, ketika surat pemanggilan dikirim ke tersangka namun, tersangka tidak memenuhi surat panggilan tersebut.

Informasi yang dihimpun ambontoday.com, Kilyon ditetapkan sebagai tersangka pada kasus dugaan tindak pidana penipuan atau penggelapan ketika dirinya dipercayakan sebagai kuasa hukum oleh Dedi Doni Dasmasela mengatas namakan ke-13 kepala keluarga (KK) yang lahan atau tanah mereka dipakai Pemda MTB pada saat itu yang kini nomenklaturnya telah berubah ke KKT untuk membangun perumahan perikanan yang dilaporkan oleh Markus S Bulurdity.

Berdasarkan data yang dihimpun ambintoday.com, terkait dugaan tindakan penipuan dan penggelapan yang dilakukan Kilyon dari waktu ke waktu, dari berbagai sumber yakni tanggal 1 Juni 2015, Kilyon Luturmas sebagai kuasa hukum Dedi Doni Dasmasela, mendaftarkan perkara gugatan perdata di PN Saumlaki. Dan pada tanggal 3 Juli 2015 adanya putusan akta perdamaian yang disepakati oleh penggugat dan tergugat bahwa Pemda KKT akan membayar lokasi pemukiman sebesar Rp600 juta.

Kemudian tanggal 10 Oktober 2015, dilakukan pertemuan di ruang kerja Kabag Tatapem dan Kabag Hukum KKT yang membicarakan masalah pembayaran lahan rumah nelayan di Desa Latdalam. Alhasil tindaklanjut dari pertemuan itu, di tanggal 19 Oktober 2015, Pemda KKT lakukan pembayaran melalui bendahara pengeluaran kepada Kilyon Luturmas via rekening miliknya. Dimana ditransfer uang sebesar Rp594 juta. Sayangnya setelah menerima dana tersebut, Kilyon tidak membagikan kepada ke-13 pemilik lahan sesuai hasil rapat bersama 10 Oktober dan hanya menyerahaknnya kepada Kliennya saja yakni Dedi Doni Dasmasela. (AT/tim)

    Baca Juga  Uji Kemampuan Siswa, SMA N 10 KKT Gelar PORSENI
    error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
    X