20 June 2024
Kota Ambon

Kodim 1504 Gelar Latihan Dasar Teritorial Untuk Babinsa

Ambontoday.com, Ambon.- Untuk mempersiapkan Babinsa agar dapat menjalankan tugas di tengah masyarakat, Kodim 1504 Ambon, menggelar Latihan Perorangan Dasar Teritorial TA 2021, Rabu 20 Januari 2021, di aula Kodim 1504.
Kepada wartawan, Dandim 1504 Ambon, Letkol.Inf. Dominggus C.A Soumokil  menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan prajurit-prajurit di Komando kewilayahan, terkhusus bagi Babinsa agar bisa mengingat kembali pengetahuan dasar teritorial, sebagai langkah awal pelaksanaan tugas di tahun 2021.
“Pelatihan ini untuk mengingatkan kembali kepada anggota terkhusus Babinsa apa yang harus dilakukan di tengah-tengah masyarakat,” jelas Soumokil.
Menurutnya, seorang Babinsa harus memiliki 5 kemampuan teritorial, yaitu harus mampu mencegah dan mendeteksi dini setiap kejadian yang ada di wilayahnya.
Selain itu, Babinsa harus mampu menguasai atau mempetakan wilayahnya sesuai dengan kondisi atau keadaan kerawanan di wilayah tersebut.
Seorang Babinsa harus mampu melaksanakan managemen teritorial, yang mana, Babinsa harus mampu membuat sebuah prosedur yang disebut tata laksana pembinaan teritorial (Bimter).
“Dimulai dari dia menemukan kejadian di wilayahnya, kemudian mengklasifikasikan kerawanan wilayah tersebut seperti apa, sampai dengan membuat laporan,” ungkapnya.
Keempat yang harus dikuasai seorang Babinsa adalah kemampuan melaksanakan perlawanan wilayah.
Untuk kemampuan ini, seorang Babinsa dituntut harus mampu menggerakan masyarakat di wilayah sekitarnya untuk bisa mencegah semua ancaman terhadap negara.
“Untuk hal ini, Babinsa dan semua masyarakat berkewajiban untuk melakukan pembelaan terhadap negara, dan kewajiban Babinsa adalah membina mereka supaya timbul rasa Nasionalisme, kebanggaan sehingga wilayah menjadi Aman,” papar Soumokil.
Sementara untuk kemampuan yang kelima adalah, kemampuan melaksanan komunikasi sosial, karena komunikasi ini sangat penting saat berhubungan dengan orang lain.
Dalam komunikasi tidak langsung bertemu dengan seseorang saja tetapi ada prosedur yang harus dilaksanakan dalam berkomunikasi.
Sebagai Komandan Kodim 1504 Ambon, Soumokil berharap prajuritnya di lapangan, harus bisa memberikan dampak manfaat bagi masyarakat disekitarnya, dan harus menjadi contoh, teladan bagi masyarakat.
Ia menambahkan, kegiatan ini direncanakan berjalan selama 3 hari, dan diikuti 199 Babinsa di wilayah Kodim 1504.

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X