Kotaku Butuh Master Plant Untuk Ambon Lebe Baik

Ambontoday.com, Ambon – Pentingnya Master Plant Program KOTAKU Ambon, Untuk menghasilkan rumusan Roadmap atau skenario program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dengan target KOTAKU 0 Persen tahun 2019, pelaksaaan Forum konsultasi publik tahap III dilaksanakan di Hotel New Mulia, Rabu (7/12/2016).

Kegiatan Forum Konsultasi III Roadmap (Skenario-red) pencegahan dan peningkatan kualitas pemukiman kumuh Kota Ambon menuju 0 persen KOTAKU tahun 2019, bertujuan menentukan master plant terkait pengawasan kumuh di Kota Ambon, Ungkap Leader Program KOTAKU Provinsi Maluku, Edy Junaidy disela-sela kegiatan tersebut.

“Melalu forum ini, kita secara bersama dapat menyusun skenario terkait dengan bagaimana penanganan kawasan kumuh di Kota Ambon sesuai SK Walikota Ambon tentang 15 kawasan kumuh di Kota Ambon,” kata Junaidy.

Menurut Junaidy, pembahasan terhadap skenario untuk mentiadakan kawsan kumuh di Kota Ambon harus dilakukan dan merupakan kebutuhan, sehingga melibatkan pemangku kepentingan baik dari pemerintah, LSM serta akademisi. Oleh karena itu, sangat diharapkan lewat kegiatan ini, program pemerintah umtuk menjadikan Kota Ambon sebagai Kota Tanpa Kumuh yakni 0 persen pada tahun 2019 mendatang. Dikatakan, tindak lanjut dari pada penyususnan skenario kana dilakukan rencana aksi dikawasan kumuh sebagai upoaya untuk melancarkan program KOTAKU, dimana rencana aksi ini lebih khusus pada penyiapan lokasi atau lahan.

Oleh karena itu, sosialisasi kepada masyarakat sangat penting untuk memahami, agar apa yang telah ada dapat dijaga dan dirawat dengan baik. Ditambahkan, luas lahan kawasan pemukiman kumuh di Kota Ambon adalah seluas 102,64 Hektare yang tersebar pada lima kecamatan, yang juga dikategorikan pada klaster atau katehori, yakni kategori kumuh berat, kumuh ringan dan kumuh sedang. Penanganan kawasan kumuh 0 persen tahun 2019, berupa program KOTAKU, Dinas Tata Kota tetap mendukung dan selalu melakukan koordinasi, kata Kepala Dinas Tata Kota Ambon, Denny Lilipory ndi ruang kerjanya. Diakui, sesuai laporan yang disampaikan, koordinator program KOTAKU saat ini masih dalam tahap identifikasi.

“Kita bersyukur karena penangan kawasan kumuh dapat ditangani oleh pihak BKM yang memberikan bantuan, sehingga dengan adanya sering dana, baik APBD dan APBN, sangat diharapkan dua tahun kedepan tujuan nasional untuk menjadikan o persen Kota Tanpa Kumuh di Kota Ambon dapat terjawab. (AT.009)

Jadilah Orang Pertama share:
author