Kab.BurSel Maluku Politik_Daerah

KPU BurseL Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati BurseL 2024

Ambontoday.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buru Selatan resmi meluncurkan tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Alun-alun Kota Namrole, Sabtu 29/6/2024.

Menghadiri acara tersebut, Bupati Buru Selatan Safitri Malik Soulisa, Ketua KPU Bursel Husni Hehanusa, Kapolres Buru Selatan AKBP M. Agung Gumilar, Dandim 1506 Namlea Letkol Arh Agus Nur Fujianto Komisioner Bawaslu Bursel, pimpinan OPD lingkup Pemda Bursel, serta PPK dan PPS se-Kabupaten Buru Selatan.

Ketua KPU Buru Selatan Husni Hehanusa dalam sambutannya mengatakan, pemilihan atau pilkada merupakan sarana kedaulatan rakyat untuk memilih gubenur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Sehingga inilah yang menjadi cikal bakal adanya siklus pemilihan kepala daerah seperti halnya yang kita laksanakan saat ini,” ujarnya.

Lanjut Hehanusa, pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan sudah 3 kali dilalui, dan 2024 yang keempat kali.

“Tahun ini menjadi kebanggaan buat kita adalah kabupaten buru selatan memperoleh tingkat partisipasi tertinggi dari 11 kabupaten kota di provinsi Maluku,” ucapnya.

Tak lupa ia menyampaikan terimakasih kepada Bawaslu Buru selatan, Pemda Buru selatan, polres Buru selatan, TNI/Polri, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan seluruh lapisan masyarakat buru selatan yang telah mengambil bagian dalam penyuksesan pemilu kemarin,” ucap Hehanusa.

Bupati Buru Selatan Safitri Malik Soulisa dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati

serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024, bahwa pemungutan suara akan dilaksanakan pada Hari Rabu, 27 November 2024.

Dikatakan Safitri, KPU memiliki tugas sesuai dengan amanat UU Republik Indonesia nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, serta untuk melaksanakan sosialisasi secara terperinci sesuai peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 9 tahun 2022 tentang partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pilkada.

Baca Juga  Jelang Ramadhan 1445 H Polres Bursel Apel Operasi Salawaku

“KPU kabupaten buru selatan diharapkan memberi perhatian khusus terhadap diskusi kelompok terfokus (Fokus Group Discussion) yakni diskusi yang melibatkan berbagai unsur mulai dari akademisi, para penggiat pemilihan kepala daerah serta organisasi yang bergelut di bidang pemilihan umum,” harapnya.

Akhir sambutannya Bupati berharap kegiatan peluncuran tahapan pilkada menjadi momentum bagi semua pihak, baik penyelenggara maupun sebagai peserta pilkada untuk membangun konsolidasi dan koordinasi yang harmonis demi mewujudkan pemilihan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, dan demokratis,” tutup Bupati.

Dalam acara tersebut juga diumumkan pemenang maskot KPU BurseL dan jinggle KPU, sekaligus memberikan hadiah bagi para pemenang.

Akhir dari seluruh serimoni peluncuran tahapan pilkada yang dilaksanakan oleh KPU Buru Selatan, KPU memeriahkan dengan malam hiburan oleh artis Kota Ambon. (Biro BurseL)

    error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
    X