Birokrasi dan Pemerintahan Kesehatan Pemerintah Kota

Kunjungan Keempat Puskesmas di Ambon untuk Intervensi Stunting Anak

Ambontoday.com, Ambon – Pemerintah Kota Ambon mengadakan kunjungan ke empat Puskesmas, yaitu Puskesmas Waihaong, Puskesmas Urineseng, Puskesmas Benteng, dan Puskesmas Airsalobar, sebagai bagian dari upaya intervensi serentak untuk mengatasi masalah stunting di kota ini. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat langsung keterlibatan Puskesmas dalam program tersebut dan mengidentifikasi berbagai persoalan yang muncul di lapangan Rabu, (03/07/2024).

Baca Juga  PJ Walikota Ambon Hadiri Pelantikan Remaja Mesjid An-Nur Batu Merah
Selama kunjungan, ditemukan berbagai permasalahan yang harus ditangani pada tingkat kebijakan. Salah satu isu utama adalah ketiadaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada banyak bayi. Banyak anak yang orang tuanya belum menikah, belum memiliki kartu keluarga, atau lahir di luar nikah mengalami kesulitan mendapatkan NIK. Padahal, sistem berbasis NIK yang diterapkan saat ini mengakibatkan mereka kesulitan mengakses layanan kesehatan dan bantuan dari pemerintah, seperti BPJS dan bantuan lainnya melalui Puskesmas dan Posyandu. Hal ini membuat mereka terisolir dari masyarakat dan tidak mendapatkan dukungan yang diperlukan.

Baca Juga  Kapolda Makan Siang Bersama Pasukan BKO Pengamanan RI 1
Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah kota mengadakan pertemuan bersama lurah dan RT/RW untuk menggalang kebersamaan dan kerja lintas sektor. Dukungan dari setiap pemangku kepentingan sangat penting agar proses di Posyandu dan Puskesmas berjalan dengan baik.

Baca Juga  Watubun : PDIP itu Partai Wong Cilik yang Peduli Keadaan Masyarakat
“Di Posyandu, anak-anak, balita, ibu hamil, dan lansia yang biasanya memiliki kondisi ekonomi kurang baik dapat terlayani dengan baik. Oleh karena itu, Puskesmas dan Posyandu menjadi alternatif yang solutif bagi mereka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai,” ujar perwakilan pemerintah kota.

Kegiatan ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Ambon untuk memastikan semua warga, termasuk yang belum memiliki NIK, mendapatkan akses yang adil terhadap layanan kesehatan dan bantuan pemerintah. Diharapkan dengan kerja sama lintas sektor ini, masalah stunting di Kota Ambon dapat segera teratasi dan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.(OA)

    error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
    X