Kurang SDA, Masyarakat Harus Manfaatkan UMKM

 

Ambon- ambontoday,com – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, Ambon tak memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah sehingga masyarakat harus dapat memanfaatkan Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) yang  ada. Hal ini disampaikannya dalam acara Sosialisasi Aspek Keuangan UMKM dan Asuransi Mikro yang dilaksanakan di Lantai II Balai Kota Ambon, Kamis (30/11/2017).

Menurutnya, dengan adanya pemanfaatan UMKM maka perekonomian masyarakat di Kota Ambon akan sangat meningkat walaupun sumber daya alam di Kota ini lebih banyak pada sektor perikanan.

“Bapak/Ibu maaf ya kita tidak ada punya SDA yang lain, kontribusi kota ini dan semuanya  bersumber dari jasa dan perdagangan. Oleh karena itu kalau UMKM dia hidup, dia berkembang  otomatis dia akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi maupun PAD kota ini,”ujarnya.

Dikatakan, pada tahun 2020 mendatang Maluku akan menjadi perhatian dunia karena akan  dioperasikannya Blok Masela. Sehingga dengan adanya pemanfaatan UMKM maka masyarakat kota Ambon akan sangat diuntungkan.
“Dong pelaku usaha kecil dan menengah ini perhatikan betul, ya, tahun 2020 Maluku ini akan menjadi perhatian dunia bersamaan dengan mulai beroperasinya Blok Masela,” tuturnya.

Dia menambahkan, Blok Masela hanya salah satu dari sumber minyak yang ada di Maluku dan masih ada banyak lagi yang sementara sedang dieksplor. “Itu hanya baru satu sumber minyak  yang didapat di Maluku Tenggara. kita masih punya 20 sumber minyak lain yang sementara  dieksplorasi, disurvei oleh para pengusaha-pengusaha minyak di Maluku Tenggara. bapak/ibu  bayangkan baru satu sumber yang kita dapatkan itu potensinya kurang lebih 75 tahun baru
selesai,” terangnya.

Oleh karena itu, dengan banyaknya tenaga kerja yang akan ada di Maluku maka seluruh kebutuhan baik makanan dan lainnya harus dapat disuplay dari Ambon. Mengingat Ambon merupakan pintu masuk untuk mengunjungi Maluku. Dan UMKM harus berperan penting dalam
menyuplay kebutuhan tersebut, dengan begitu maka perekonomian akan sangat berkembang di Kota Ambon. “Tenaga yang pergi ambil emas diharus melalui Ambon sebagai pintu masuknya ke Maluku kalau kita tidak mempersiapkan diri secara baik otomatis kita akan tertinggal. 60 ribu, 80 ribu bekerja di blok Masela dia butuh makanan, dia butuh minum bagaimana mungkin kita suplay dari Makassar, mana mungkin kita suplay dari Manado kenapa tidak persiapkan dia, disinilah posisi UMKM,” ungkapnya.

Dia berharap, dengan banyaknya SDA yang ada di Maluku, masyarakat dapat memanffatkan UMKM yang ada di kota Ambon. Karena Ambon adalah ibukota dari Maluku dan pintu masuk yang harus dikunjungi oleh orang luar. Dan pemanfaatan dan perkembangan yang baik akan menjadikan perekonomian masyarakat maupun PAD Kota Ambon akan meningkat pesat.
“Mereka kerja disana mereka butuh disana kurang disitulah kita siapkan. SDM menjadi kata kunci kita. oleh karena itu tahun berikut ini sangat penting sekali untuk kita memacu kita punya ketertinggalan,” tutupnya.

author