Lakukan Evaluasi dan Fungsi Pengawasan, Komisi I DPRD Ambon Kunker ke RSUP Leimena

Ambon, Ambontoday.com- Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dibawah pimpinan Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisutta sebagai koordinator melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke RSUP dr. Leimena dalam rangka evaluasi dan melakukan pengawasan terkait dengan pelayanan publik kesehatan dan kinerja dari pada para tenaga medis.

“Ini merupakan program kerja dari Komisi I DPRD Kota Ambon di awal Tahun anggaran 2021 untuk memulai tugas dan tanggung jawab dalam rangka fungsi pengawasan,” kata Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisutta kepada media di ruang kerjanya usai melakukan Kunker, Senin (8/2/2021).

Ia berkata, program kerja komisi I dimulai dari RSUP dr. Leimena, dan beberapa hari kedepan akan ada kunjungan lagi terkait dengan penanganan konflik yang ada di kota ini, sekaligus juga kami mengevaluasi kinerja dari tenaga kerja.

“Sejauh yang kita lihat di rumah sakit tersebut, tidak terlepas dari fungsi pengawasan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, Sarana dan prasarana yang ada di RSUP dr Leimena sudah cukup representatif dengan alat-alat yang memiliki standar Nasional.

“Awal launching rumah sakit ini dalam masa Covid-19 sehingga belum banyak yang mengetahui, tapi sudah dipakai sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Untuk itu, perlu adanya sosialisasi dari pihak rumah sakit kepada masyarakat di Kota Ambon dan Maluku terkait dengan biaya-biaya dan semua yang berkaitan,” jelasnya.

Ia menambahkan, sampai saat ini masih sekitar 20-30 pasien rujukan Covid-19 yang dirawat di rumah sakit tersebut.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan, sampai saat ini RSUP dr. Leimena belum melakukan kerjasama sehingga perlu persiapan-persiapan yang dibutuhkan.

“Ada beberapa persyaratan- persyaratan yang harus di sepakati bersama, dan sampai saat ini belum bisa memenuhi persyaratan itu karena masih terlalu baru dan masih banyak hal persyaratan administrasi yang harus disiapkan,” paparnya.

Untuk itu, bagi pasien yang masuk dengan BPJS, pihak RSUP lebih mengutamakan penanganan darurat. “Pasien umum yang diutamakan, setalah dalam proses kalau memakai BPJS nanti akan diurus bagi kemudahan, dan kalau memang bagi masyarakat yang ekonominya lemah langsung dibebaskan dari pembiayaan,” ucapnya setalah berkordinasi dengan Direktur Umum RSUP dr Leimena saat melakukan kunjungan kerja.

Untuk itu, DPRD Kota Ambon memberikan dorongan kepada direktur agar sesegera
mungkin mempersiapkan seluruh persyaratan administrasi sehingga masyarakat kota dapat menikmati pelayanan dengan BPJS. (AT-009)