Ambontoday.com – Kapolres Buru Selatan AKBP M. Agung Gumilar berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Buru Selatan yang telah membantu mempersiapkan kesiapan bentuknya Polres Buru Selatan.

Kapolres Buru Selatan menyampaikan ucapan terima itu dalam amanahnya pada upacara pelantikan Pejabat Utama Polres Buru Selatan berlangsung di gedung Serba Guna Namrole, Selasa, 21/6/2022.

Kapolres menyampaikan, perlu di ketahui oleh para pejabat utama bahwa, kepercayaan yang diberikan oleh Tuhan dan pimpinan untuk melaksanakan tugas mulia di wilayah hukum Buru Selatan.

“Satu kehormatan dan kebanggaan yang harus dipertanggungjawabkan sampai dengan tujuan institusi khususnya Polda Maluku tercapai, yaitu terpeliharanya Kamtibmas di wilayah hukum Buru Selatan ini,” jelas Kapolres.

Kapolres mengatakan, wilayah Buru Selatan adalah tanah leluhur yang syarat akan potensi sumber daya alam dan kearifan lokal. Lanjut Kapolres, dan tidak luput dari potensi gangguan Kamtibmas yang ada di wilayah ini.

“Oleh karena itu, kita sebagai insan Bhayangkara harus menjaga potensi sumber daya alam dan kearifan lokal tersebut, sehingga fungsi kita sebagai pelindung dan pengayom masyarakat serta sebagai pemelihara Kamtibmas dapat dirasakan,” ujar Kapolres.

Polres Buru Selatan jelasnya, adalah struktur komando polri yang baru di bentuk pada tahun 2022.

Jelasnya, hal itu berdasarkan mandat yang diberikan oleh Mabes Polri melalui Polda Maluku sesuai amanat Kapolri, untuk menjalankan kewenangan dan melakukan tugas kepolisian di wilayah hukum Buru Selatan.

Kapolres berharap kepada para pejabat utama yang baru dilantik agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara ikhlas, bermartabat dan terhormat.

“Sehingga eksistensi polri dapat dirasakan oleh segenap masyarakat di wilayah kabupaten Buru Selatan,” ujar Kapolres.

Kapolres tak lupa menyampaikan terima kasih untuk Kapolsek Namrole AKP Obet Reiimialy beserta anggota dan Bhayangkari Polsek Namrole yang dari sejak awal sampai sekarang turut membantu mempersiapkan kesiapan bentuknya Polres Buru Selatan.

“Kami juga berterima kasih kepada pihak pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Buru Selatan yang secara aktif membantu kami mempersiapkan Polres Buru Selatan, dan pihak-pihak lainnya yang saya tak bisa sebutkan,” ujar Kapolres.

Usai pelantikan Kapolres pada wartawan mengatakan, untuk saat ini pihaknya telah melakukan pelantikan pejabat utama.

“Yang tentunya setelah melakukan pelantikan pejabat utama, akan diresmikan oleh bapak Kapolda Maluku, setelah itu kita akan beroperasional sebagaimana mestinya,” jelas Kapolres.

Sehingga tugas dan fungsi kepolisian dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Buru Selatan aman dan terjamin.

Disinggung soal pembangunan polres jelas Kapolres, pihaknya masih menunggu instruksi dari pimpinannya sesuai rencana yang yang telah direncanakan.

“Kita siap memantau sampai dimana pelaksanaan dan digunakan,” jelas Kapolres. (Biro BurseL)

Print Friendly, PDF & Email