13 June 2024
Kab.KKT

LESTARIKAN BUDAYA KAIN TENUN TANIMBAR

Oleh :

Nama : Irma Masela
NPM : 1230658820319003

Ambontoday.com – Saya atas Nama Irma Masela, ingin mengatakan bahwa Budaya Kain Tenun tanimbar harus terus di jaga kelestariannya, karena kain tenun tanimbar merupakan suatu kebanggaan yang besar bagi kita masyarakat tanimbar. Kain tenun tanimbar bukan hanya beredar di kalangan masyarakat tanimbar, tetapi beredar sampai ke jakarta bahkan ke luar negeri. Hal ini merupakan suatu kebanggaan yang sangat besar bagi kita. Jika kita tidak menjaga kelestariannya, maka kain tenun tanimbar bisa musnah dan mudah di lupakan oleh masyarakat tanimbar bahkan seindonesia.

Tujuan kita menjaga dan melestarikan kain tenun tanimbar, agar kelak kedepannya, anak cucu kita dapat menikmati keindahan serta kecantikan dari kain tenun tanimbar. Jika kita menjaga dan terus mengembangkan budaya kain tenun tanimbar, maka kita tidak akan mudah untuk melupakan adat istiadat serta kebiasaan menenun kita.

Kain tenun tanimbar banyak di jumpai di daerah-daerah tanimbar dan sekitarnya, banyak juga kita jumpai di daerah-daerah luar tanimbar seperti jawa, bali, sulawesi bahkan sampai ke pusat ibu kota Jakarta. Kain tenun sering di gunakan sebagai taplak meja, di jahit menjadi pakaian, tas, dompet, celana, sepatu, bahkan kursi sofa-pun menggunakan kain tenun.

 

Gambar : 01.

Kain tenun tanimbar yang sudah di jadikan tas

Gambar 02.

Kain tenun yang dijadikan baju dan celana

Kain tenun tanimbar memiliki harga jual yang sangat tinggi. Harganya bisa mencakup harga ratusan bahkan sampai dengan jutaan rupiah.

Gambar : 03.

Kain Tenun Tanimbar. (AT)

 

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X