21 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon

Lurah Kudamati Harap Akhir Maret Pemilihan Ketua RT Selesai

Ambontoday.com, Ambon.- Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon tengah melakukan proses pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) mengingat Kelurahan Kudamati adalah kelurahan terbesar di kota Ambon dengan jumalh RT sebanya 43 dan 7 RW sehingga proses ini sudah mulai dilakukan sejak awal Februari 2023.

Hal ini disampaikan Lurah Kudamati, Aprialdo Ditubun kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin 27 Februari 2023.

Menurutnya, sampai saat ini baru 2 RT yang sudah menyelesaikan tahapan pemilihan Ketua RT yakni RT 02/RW 001 dan RT 01/RW 001, sementara lainnya masih dalam proses.

“Memang dalam proses pemilihan ini kelurahan sudah melayangkan surat kepada seluruh RT di Kelurahan Kudamati untuk segera membentuk panitia pemilihan, namun sampai saat ini masih ada RT yang belum mengkonfirmasikan pembentukan Panitia.

Setiap RT wajib mengkonfirmasi komposisi Panitia Pemilihan untuk memperoleh surat tugas dari kelurahan, dan kalau dalam Minggu ini masih ada yang belum mengkonfirmasi pembentukan panitia maka sebagai Lurah saya akan kembalikan pembentukan panitia langsung kepada masyarakat,” tegas Ditubun.

Dikatakan, pembentukan Panitia pemilihan sebaiknya dilakukan dengan mengumpulkan warga dalam masing-masing RT lalu ditanyakan kesediaan seseorang untuk ada dalam Panitia.

Begitu juga dengan kerja Panitia dalam menjaring Bakal Calon Ketua RT, sebelum mengajukan calon Ketua RT pihak Panitia terlebih dahulu mengkonfirmasi seseorang untuk bersedia dicalonkan sebagai Ketua RT.

“Kalau perlu penjaringan calon ketua RT juga meminta usulan dari masyarakat siapa figur-figur yang pantas dicalonkan, atas usulan warga maka Panitia menetapkan Calon Ketua RT berapa banyak.

Kriteria tiap Calon RT juga harus dipenuhi sesuai petunjuk teknis yakni, calon RT tidak cacat dan sehat jasmani dan rohani, tidak boleh terlibat politik praktis, calon RT minimal sudah berdomisili dalam kawasan sekurang kurangnya satu tahun, dan kelengkapan data administrasi kependudukan,” jelas Lelaki lajang yang biasa di sapa Aldo ini.

Dikatakan, sesuai rapat bersama Pemkot Ambon, tahun ini Ketua RT terpilih dalam kelurahan Kudamati dan kelurahan Benteng akan dilakukan pelantikan sekaligus. Hal ini dimaksudkan agar SK dan Masa Jabatan seluruh ketua RT di dua kelurahan ini sama tidak seperti yang sebelumnya.

“Saya harap proses pemilihan Ketua RT di Kudamati bisa selesai sampai akhir Maret 2023. Untuk mekanisme pemilihan ini yang berhak memilih adalah Kepala Keluarga atau salah satu yang mewakili kepala keluarga,” tutup Lurah Kudamati.

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X