Masuk Nominasi, Desa Marantutul Wakili MTB Raih Penghargaan Desa PHBS Tingkat Provinsi Maluku

Ambontoday, Ambon.- Merupakan satu kebanggan tersendiri bagi Desa Marantutul, Kecamatan Wermaktian, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) masuk dalam salah satu nominasi dan meraih Penghargaan Lomba PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) tingkat  Provinsi Maluku tahun 2017.

Kendati tidak meraih juara, namun termasuk dalam nominasi saja sudah cukup menggembirakan, mengingat persiapan untuk ikut dalam lomba Desa PHBS sangat singkat, jelas Kepala Desa Marantutul, Misael L Fabeat.

Menurutnya, kesiapan untuk mengikuti lomba PHBS ini sangat singkat, mengingat informasi yang disampaikan dari pihak kabupaten agak terlambat sehingga persiapan yang dilakukan oleh pemerintah Desa Marantutul bersama masyarakat sangat singkat dan terkesan mendadak.

“Memang informasi yang kita terima dari pihak Kabupaten untuk turut serta dalam lomba PHBS ini agak sedikit terlambat sehingga persiapan pemerintah desa bersama masyarakat untuk penilaian dari tim hanya 3 hari saja,” tutur Fabeat.

Dikatakannya, penghargaan yang diraih adalah sebagai Desa Harapan yang nantinya dipersiapkan untuk ikut dalam perlombaan di tahun mendatang.

Dijelaskan, dalam penilaiannya, setiap pesrerta lomba desa PHBS ini harus memenuhi 10 kriterian penilaian, dimana dalam penilaian tim dari Provinsi ternyata untuk seluruh kriteria penilaian Desa Marantutul sudah memenuhi hal itu, hanya saja ada 2 kriteria yang masih kurang.

“Seluruh kriteria penilaian sudah terpenuhi, hanya ada dua kriteria yang menurut tim penilai dari provinsi masih kurang sehingga Desa Marantutul hanya masuk nominasi saja,” paparnya.

Fabeat berharap, dengan diraihnya Penghargaan PHBS ini merupakan satu motivasi bagi seluruh Desa di Kabupaten MTB, khususnya Desa Marantutul agar dapat memacu diri membangun masyarakat untuk berpola hidup bersih dan sehat sehingga kedepan, dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Alexander Sainuka, Pembina Desa PHBS Kecamatan Wermaktian, Kabupaten MTB, yang juga Kepala Pusekesmas Kecamatan Wermaktian mengatakan, dalam pembinaan Desa PHBS itu berdasarkan 10 kriteria penilaian sehingga dilakukan berbagai kegiatan promosi kesehatan.

“Yang kita lakukan untuk pembinaan Desa PHBS adalah promosi kesehatan yang didalamnya lebih dititik beratkan pada pemberian pemahaman kepada masyarakat tentang cara hidup bersih dan sehat.

Di dalam kegiatan promosi kesehatan itu, terdapat 10 kriteria penilaian tadi masih agak sulit dirubah,” jelas Alexander.

Menurutnya,  keunggulan Desa Marantutul dapat mewakili Kabupaten MTB ke tingkat Provinsi dikarenakan kebersihan Desa tersebut menjadi salah satu factor penentu penilaian, paparnya. (AT008)

author