Masyarakat Apresiasi Inovasi Dukcapil Soal Pelayanan Via WhatsApp

Tiakur, ambontoday.com – Inovasi pelayanan berbasis WhatsApp yang dilakukan oleh dinas dukcapil MBD ditenga pandemi saat ini diapresiasi oleh masyarakat maluku barat daya. Otniel Lutaporu salah satu warga dusun syota desa klis kecamatan P. Moa mengatakan, dirinya sangat berterimakasih atas pelayanan dokumen kependudukan via WhatsApp yang dilakukan oleh dukcapil MBD karena sangat membantu saat masa pandemi seperti ini. Dia mengaku dengan layanan ini kita hanya tinggal di rumah dan menerima dari aparat desa karena dokumennya diantarkan langsung oleh dukcapil ke desa sehingga kami tidak perlu membuang-buang waktu ke kantor untuk mengurusnya. Otniel yang baru mengurus kartu keluarganya ini berharap, inovasi ini kiranya jangan hanya dilakukan pada saat pandemi saja namun untuk seterusnya karena model pelayanan ini sangat memudahkan masyarakat.

” katong (Kami) berterimakasih kepada dukcapil karena katong sudah menerima dokumen yang katong butuhkan. Tapi katong harap jangan hanya untuk masa corona saja tapi kalo bisa untuk selamanya” ujar Lutaporu.
Apresiasi yang sama datangnya dari Yonadab Sairpaly. Menurutnya, dengan adanya program dukcapil MBD terkait pelayanan via WhatsApp ini maka sangat membantu masyarakat dalam mengakses informasi pelayanan dokumen kependudukan. Selama ini masyarakat merasa hal ini tidaklah penting karena tingkat kesibukan yang tinggi sehingga masyarakat tidak menghiraukan pelayanan ini. ” kadang kalau orang capil datang, masyarakat seng ada di desa karena sibuk di ladang dan di kebun sehingga ketika ada keperluan mendadak barulah merasa dokumen ini sangat penting tapi katong berterimakasih karena layanan via WhatsApp yang capil bikin ini maka katong hanya bisa ajukan permohonan dari rumah saja dan langsung di proses dan dicetak baru diantarkan langsung ke pa sekdes baru kami bisa mengambilnya di pa sekdes” katanya. (AT/jege)

author