AMBON, Ambontoday.com – Festival Durian yang digelar PT. Maluku Membangun Negeri di Hutumuri dibanjiri oleh masyarakat yang berasal dari Kota Ambon maupun luar, Sabtu (7/4).

Begitu antusiasnya masyarakat yang berbondong-bondong datang ke Negeri Hutumuri untuk mengahadiri Festiva Durian atau makan durian seharga Rp.50.000 sampai puas.

Turut Hadiri dalam Festival Durian ini Sekertaris Kota Ambob, A.G. Latuheru yang secara langsung membuka kegiatan tersebut, Seluruh SKDP di lingkup Pemerintah Kota Ambon, Komisaris PT.Maluku Membangun Negeri, Lucky.

Sekertaris Kota Ambon dalam sambutaanya mengakui, sebenarnya kegiatan ini bukan pertama kalinya dilakukan, karena Kecamatan Lei Timur Selatan telah melakukan kegiatan ini yang bernama Festival Buah-Buahan.

“Yang berbeda dari Festival Durian dan Festival buah-buahan adalah buahnya diangkut dari negeri ke Pattimura Park baru kegiatannya dilakukan disana, berbeda dengan Festival Durian yang secara langsung dilakukan di Negeri Hutumuri,” kata Latuheru.

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar durian yang dihasilkan tidak diangkut lagi ke kota untuk dipasarkan tapi lewat kegiatan ini durian langaung dibeli dan dimakan langsung ditempatnya.

Oleh karena itu, ucaoan ayukur patut dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena dengan berkatNya bukan Negeri Hitumuri saja yang kebanjiran Durian tapi sekurub Negeri yang ada di Kota Ambon.

“Ini bukan jagonya pejabat dan pemiliki dusun tapi karena kasih kemurahan Tuhan bagi kita semua di Maluki,” ungkap Latuheru.

Ia menagatakan, lewat berkat ini semua harus di manfaatkan sebaik mungkin dan jangan sampai terbuang. “Kalau kalai ini digelar Festival Durian maka kedepan durian ini dapat diolah dengan model lain lagi. Ini adalah tanggung jawab kita bersama baik Pemerintah Kota Ambon dan Pemerintah Negeri serta teman-teman PT. Maluku Membangun Negeri,” harapnya.

Ia menambahkan, dengan banyak durian hingga tak habis dimakan maka perlunya peoduksi ke jenis lain sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik. “Sekarang kita harus merubah jenis produksi dari agar m3njadi cepat dan tepat untuk diekspor ke luar daerah,” pintanya.

Ia berharap, kegiatan ini akan berlanjut sampai ke sumua negeri yang ada di Kota Ambon.

Pada kesempatan yang sama, Komirasis PT. Maluku Membangun Negeri, Lucky mengakui, event ini sangat luar biasa karena hanya waktu dua minggu program ini dapat terlaksana dengan baik.

“Saya tidak dapat berkata-kata karena biasnya untuk melaksanakan suatu program harus direncanakan selama 6 bulan baru jalan, namun Festival durian ini hanya dua minggu waktu yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Featival Durian dilakukan di Negeri Hutumuri karena pihaknya akan membangun 1000 resort. ”

“Disinilah kami akan membantu Pemerintah untuk menjadikan Maluku pada Tahun 2024 sebagai Destinasi Pariwisata Dunia,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan ini akan dijadikan auatu program tahunana untuk itu sangat dibutuhkan dukungan dan partisipasi dari Pemerintah Provinsi Maluku dan Pemerintah Kota Ambon serta masyarakat hingga kegiatan ini sukses di seluruh dunia.

“Kedepan Negeri Hutumuri dspat dikenal diseluruh Dunia lewat kegaiatan Festival Furian,” tandasnya. (AT-009)

Print Friendly, PDF & Email
Spread the love