Masyarakat Bingung, Sekdes Naku Menghilang Tinggalkan Sejumlah Persoalan Dana Desa

Ambontoday.com, Ambon.- Sejumlah persoalan terkait pengelolaan Dana Desa di desa Naku, Kecamatan Leitimur Selatan, sampai saat ini masih menjadi pertanyaan besar di kalangan masyarakat setempat. Pasalnya, Sekertaris Desa, Jacobis Pesiwarissa yang selama ini sebagai koordinator pemanfaatan Dana Desa di Naku kini entah kemana.
Padahal, banyak persoalan menyangkut pengelolaan Dana Desa di Naku yang harus dipertanggungjawabkan oleh Sekertaris sebagai koordinator pengelola, bahkan nomor telephone sang Sekertaris Desa Naku saat dihubungi sudah tidak aktif lagi.
Menurut informasi yang diperoleh wartawan menyebutkan, saat ini pengelolaan Dana Desa di Desa Naku menimbulkan banyak persoalan serta pertanyaan di kalangan masyarakat.
“Ada banyak masalah dalam pengelolaan Dana Desa di Naku, mulai dari penggunaan untuk pekerjaan fisik di lapangan maupun soal pemberdayaan masyarakat desa. Pengelolaan Dana Desa selama ini dibawa koordinir Sekertaris Desa,” beber salah satu sumber yang enggan namanya dipublikasikan.
Sementara itu, penarikan Jacobis dari jabatan Sekertaris Desa bukan hanya dilakukan BKD untuk Desa Naku saja, melainkan seluruh Sekertaris Desa di wilayah pemerintahan Kota Ambon pun ikut ditarik dalam rangka rooling atau mutasi jabatan.
Hal ini disampaikan Sekertaris Bagian Pemerintahaan Kota Ambon yang juga sebagai Penjabat Negeri Urimessing, Alfian Lewanussa, kepada wartawan via telepon Senin (4/9). Menurutnya, penarikan jabatan Sekertaris Desa di wilayah pemerintahan Kota Ambon terkait dengan penyegaran dan mutasi.
“Penarikan jabatan Sekertaris di wilayah kota Ambon ini untuk penyegaran dan mutasi bukan karena hal lain. Hanya saja, bagi Sekertaris Desa yang belum menyelesaikan persoalan di Desa tempat tugasnya harus menyelesaikan terlebih dahulu persoalan di lapangan baru bisa dimutasikan,” tandas Lewenussa.
Hal ini juga dibenarkan oleh Camat Leitimur Selatan, Ricki Sopacua, saat dikonfirmasi wartawan, dirinya membenarkan kalau Sekertaris Desa Naku, Jacobis Pesiwarissa sudah ditarik dari jabatannya ke BKD Kota Ambon. (AT008)

Jadilah Orang Pertama share:
author