15 July 2024
Kriminal

Masyarakat Naku Tolak Pejabat dan Calon Raja Yang Diusulkan

Ambon, Ambontoday.com- Masyarakat negeri Naku secara langsung menolak diperpanjangnya masa tugas pejabat pemerintahan yakni Drs Paulus Anakkota.

Pasalnya, selama 2 tahun lebih menjabat sebagai pejabat pemerintahan Negeri Naku tidak memberikan hal yang positif bahkan semua program yang dirancangkan tidak terialisasi secara transparan.

Pernyataan ini diakui oleh Kepala Soa Negeri Naku, Charles de Fretes dalam orasi demo yang dilaksanakan bersama dengan masyarakat di Depan Baileo Negeri Naku, Jumat kemarin.

Bahkan, de Fretes bersama masyarakat juga secara terang-terangan menolak pencalonan raja yakni Sadrak Gaspersz yang dicalonkan sebagi raja Defenitif nanti.

Dirinya mengakui, Sadrak Gaspersz bukanlah salah satu turunan dari Mata Rumah Parenta yang berhak di ahli wariskan sebagai calon raja.

Selain itu, mereka juga mengecam keras sifat dari Calon Raja yang memiliki seorang istri yang sifatnya panjang tangan (pencuri) pada salah satu Indomaret di kota Ambon.

“Istri saja sudah bagitu, bagaimana Katong mau calonkan suaminya yang memang jelas-jelas tidak memiliki garis keturunan dalam mata rumah Parenta sebagai seorang raja Defenitif di negeri Naku,” tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris Negeri Naku, Reymod Waas mengakui, dengan orasi yang disampaikan oleh masyarakat terhadap keberadaan raja Defenitif ini merupakan tanggungjawab dan kewenangan dari Pemerintah Kota Ambon.

Oleh karena itu, memang ada diantara masyarakat yang tidak puas, tapi itu merupakan tanggungjawab dari Pemkot untuk menetapkan pejabat kepala pemerintahan defenitif di negeri Naku sehingga seluruh kegiatan pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Terkait dengan kegiatan proses untuk raja Defenitif, Pemerintah bersama dengan Saniri sudah melaksanakan proses tinggal apa yang menjadi kewenangan dari pemerintah kota Ambon untuk melantik.

“Kita cuma pelaksanaan administrasi sehingga prosedure untuk hadirnya kepala pemerintahan negeri Naku tetap mengacu pada aturan Pemkot,” jelasnya. (AT-009)

Spread the love
Baca Juga  81 Diperiksa, 6 Ditetapkan Tersangka Maling Pasti Ketangkap
X