Mau Beli Mobil Dengan Gaji Rp3 Juta? sabar eee Ini Pertimbangannya!

Maluku – Siapa tidak ingin memiliki mobil sendiri? Jika ditanya demikian pastilah hampir semua orang menjawab tidak ada. Tuntutan hidup yang serba modern dan mudah sekarang ini memang mengubah cara berpikir masyarakat yang menganggap mobil sebagai salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Jumlah pengendara mobil setiap tahun semakin meningkat pesat hingga menyebabkan macetnya jalan-jalan utama di berbagai kota besar. Meskipun demikian, keinginan masyarakat untuk memiliki mobil tidak pernah berkurang, bahkan semakin bertambah.

Minat masyarakat yang cukup tinggi tersebut ternyata disambut baik oleh para produsen dengan menawarkan cicilan murah untuk mereka yang penghasilannya berkisar Rp3 jutaan. Dengan demikian kedua pihak akan sama-sama diuntungkan. Produsen dapat memperluas jaringan konsumen sedangkan konsumen mendapatkan kesempatan memiliki mobil sendiri tanpa harus membayar cicilan yang mahal. Bagi Anda yang ingin membeli mobil dengan cicilan murah, berikut beberapa pertimbangan yang harus Anda lakukan sebelum membeli mobil bagi Anda yang berpenghasilan Rp3 juta setiap bulannya:

1. Tenor Panjang

Tenor Panjang

Masa Cicilan via flickr.com

Promo cicilan murah yang diberikan para produsen mobil bukannya tak beralasan. Salah satu faktor yang mendukung penawaran tersebut adalah tenor yang cukup panjang. Tentu saja harus ada tenor yang panjang untuk cicilan dan DP yang murah agar pihak produsen juga tidak dirugikan. Yang menjadi masalah adalah, jangka waktu tenor kebanyakan cicilan murah adalah delapan tahun, salah satu contohnya adalah Honda yang menawarkan cicilan Rp1 juta setiap bulannya dengan DP hanya senilai Rp10 juta. Tapi kan hanya satu juta? Pasti demikian yang ada di benak para konsumen. Coba Anda pikirkan, dalam kurun waktu delapan tahun, ada banyak hal yang bisa terjadi berkaitan dengan kondisi ekonomi, pekerjaan bahkan keadaan mobil yang Anda cicil tersebut. Jangan sampai pada akhirnya Anda mendapat kesulitan keuangan hanya karena mobil harga Rp1 juta per bulan mobil yang Anda beli.

2. Kondisi Keuangan

Kondisi Keuangan

Kondisi Keuangan via wordpress.com

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulannya dengan gaji yang mereka dapatkan. Sebelum berpikir mengenai cicilan mobil, sebaiknya Anda mengatur keuangan Anda untuk kebutuhan-kebutuhan pokok yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Selain untuk kebutuhan pokok, Anda juga harus menabung untuk keperluan dana darurat setidaknya 20 persen. Untuk itu pastikan Anda tidak terburu-buru dalam memiliki mobil dengan cicilan murah, pastikan Anda terlebih dahulu memenuhi daftar kebutuhan primer, sekunder, serta dana dana darurat terlebih dahulu

3. Masalah Kemacetan

Masalah Kemacetan

Masalah  Kemacetan via blogspot.com

Sekarang ini saja masalah kemacetan sudah melanda di berbagai daerah di Indonesia. Jika Anda membeli mobil, maka bisa dipastikan Anda akan menambah antrian mobil yang terjadi di jalan raya setiap harinya. Dalam keadaan macet tentunya Anda tidak bisa menambah kecepatan mobil Anda, mau tidak mau mobil harus dijalankan dengan kecepatan rendah karena jalan raya tidak mencukupi. Alhasil bahan bakar yang digunakan akan menjadi lebih boros, dan Anda juga tidak bisa sampai tempat kerja tepat pada waktunya. Jika sudah begitu ada baiknya Anda mempertimbangkan lagi apakah Anda benar-benar membutuhkan mobil tersebut untuk mempermudah Anda dalam transportasi atau justru sebaliknya.

4. Budget untuk Perawatan

Budget Untuk Biaya Perawatan

Budget Untuk Biaya Perawatan via turner.com

Punya mobil pastinya butuh perawatan. Perawatan mesin dan suku cadang harus dilakukan secara berkala dan teratur setiap dua bulan agar mobil tetap awet dan bisa dijalankan dengan baik. Walaupun cicilan mobil Anda murah, biaya perawatan dan suku cadangnya tidak murah. Sama saja dengan mobil lainnya. Jika gaji Anda pas-pasan, Anda harus memikirkan kembali bagaimana  Anda membayar biaya perawatan mobil serta suku cadang nantinya.

5. Administrasi dan Pajak

Biaya Pajak

 

Biaya Pajak via s3.caradvice.com.au

Selain harus dipusingkan dengan biaya perawatan dan suku cadang, Anda masih harus berhadapan dengan pajak, administrasi serta asuransi mobil yang harus dilengkapi. Biasanya biaya-biaya tersebut akan ditambahkan ke jumlah DP murni yang Anda bayarkan sehingga pada akhirnya DP yang awalnya murah tersebut bisa jadi membengkak karena biaya tambahan tersebut. Jadi jangan mudah tertipu dengan iming-iming DP murah karena bisa saja total keseluruhan yang harus Anda bayarkan lebih mahal

Jadilah Orang Pertama share:
author