Merlin,Pentingnya Protokol Kesehatan Di Masa Pandemi

Sejak awal tahun 2020 dunia digegerkan dengan adanya Pandemi virus Corona yang melandah berbagai negara sehingga WHO turut angkat bicara dan menetapkan virus Corona sebagai Pandemi.
Penyebaran virus Corona tak terbendungi karena sangat berpotensi mengancam perekonomian,kesehatan dan pendidikan.Tentu membutuhkan kesiapan ektra bagi setiap negara terlebih personal untuk melindungi diri dari virus mematikan ini.

Merlin mahasiswa fakultas ekonomi, jurusan management universitas Sarjana Wiyata tamansiswa dengan nomor mahasiswa 2019008426 menyampaikan Protokol Kesehatan Saat Pandemi Covid-19.Jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia kian meningkat. Bertambahnya jumlah kasus ini membuat angka infeksi Covid-19 di Indonesia menembus angka 1 juta kepada crew Ambon today via WA (28/3/2021)

Menurut Merlin Sudah seharusnya kita lebih patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditentukan Pemerintah Indonesia. Protokol kesehatan ini ditujukan untuk mencegah penularan virus corona dan meminimalisir bertambahnya angka kasus infeksi dan korban akibat dari kurangnya pemahaman terhadap bahaya dari Covid.19.

“Protokol kesehatan tersebut meliputi menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta wajib menjaga jarak. Hal ini bukanlah hal yang mudah, karena bukan merupakan suatu kebiasaan untuk kita semua” tandas Merlin.

Lanjutnya,kita harus bekerja lebih keras lagi untuk selalu mengingatkan diri sendiri, orang di sekitar kita, serta orang lain untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi penambahan kasus dan pandemi segera berakhir.Pertambahan kasus ini bukan hanya menjadi momen yang paling menyedihkan. Namun, juga untuk menjadi pengingat agar kita senantiasa menjalankan protokol kesehatan.

Covid 19 merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai ringan hingga berat, seperti common cold atau pilek dan penyakit serius, seperti MERS dan SARS. Pandemi COVID-19 telah menyebar ke seluruh dunia yang mana banyak negara terserang penyakit sampai menghadapi tingkat kematian dan kerugian ekonomi yang cukup tinggi.

Dampak dari  Pandemi Covid-19 turut menyebabkan peningkatan angka pengangguran. Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian masyarakat.

Banyak masyarakat yang mengeluh dan terhenti aktivitasnya karena pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan melihat dampak pandemi Covid 19 pada perekonomian masyarakat desa. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan proses keperawatan atau proses keperawatan dilakukan pada 7 partisipan di Desa Triharjo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, lembar observasi, dan alat perekaman yang digunakan saat wawancara, buku, dan alat tulis,Jelas Merlin

Data hasil wawancara sesuai tema yang ditemukan. Hasil penelitian didapatkan 4 tema, yaitu dampak pandemi Covid-19 pada kehidupan sehari-hari, tindakan yang dilakukan untuk mengatasi masalah terakit penyebaran virus Corona yang hingga saat ini belum teratasi secara kondusif,Tutup Merlin.(AT PaeT)

Print Friendly, PDF & Email
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!