Birokrasi dan Pemerintahan Kab.KKT

MTQ ke XXIX Promal Kesiapan Capai 90 Persen

Saumlaki, ambontoday.com – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXIX tingkat Provinsi Maluku di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dalam kesiapannya kini capai 90 persen, berdasarkan pantauan LPTQ Promal di lokasi utama penyelanggaraan Iven ke Agamaan tersebut.

Sekretaris umum (Sekum) LPTQ Promal A H Muhammad kepada ambontoday.com Senin, (14/3) di lapangan Mandriak Saumlaki katakan, kesiapan panitia bahkan masyarakat Tanimbar di kota Saumlaki memberikan aroma dan nuansa yang sangat mengharukan.

“Pantau saya, untuk kesiapan pada lokasi utama dan tempat tempat pertandingan, maupun dari sisi penjemputan bagi kavila dari sepuluh Kabupaten/Kota yang kini mulai ada di Saumlaki sangat begitu luar biasa,” ujar Sekum Muhammad.

Terkait dengan kondisi terakhir kesiapan, Muhammad, sudah maksimal dan partisipasi masyarakat sangat mendukung suksesnya penyelenggaraan MTQ ke XXIX tingkat Promal.

“Suatu apresiasi dan kebanggan bagi kami, dimana pelaksanaan MTQ di Indonesia terutama di Maluku khusus di KKT yang dibilang non muslim mayoritas 99 persen namun tingkat kepedulian dan toleransinya sangat tinggi, ini suatu keunikan yang pernah saya lihat selama Iven keagamaan dilakukan,” ungkapnya.

Muhammad yang kini menjabat sebagai Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Maluku, secara pribadi sekaligus mewakili Pemerintah Provinsi sangat mengapresiasi kalaborasi semua pihak khusus umat Kristen dan Katolik yang begitu antusias dan berperan langsung guna mambantu panitia dan Pemda KKT untuk menyukseskan Iven Akbar ke Agamaan tingkat Promal itu.

“Peristiwa toleransi ini menurut saya, mesti menjadi tolak ukur bagi Pemda lain di sepuluh Kabupaten/Kota lain di Promal, karena jarang kita temukan di Indonesia, jujur saya terharu dengan sikap toleransi yang sangat kental dan luar biasa,” harunya.

Ia sempat menghimbau kepada kaula muda Maluku khusus di KKT agar tetap menjaga hidup bertoleransi di bumi Duan Lolat itu, sehingga tatanan adat istiadat tidak punah. Ia berharap pula bukan saja Iven ke Agamaan berupa MTQ saja, namun Pesparawi dan Pesparani tingkat Promal yang nantinya giliran KKT sebagai nyonya dan tuan rumah, selalu menciptakan hidup rukun damai dalam sikap, tingkah laku setiap waktu. (AT/SM)

    Baca Juga  Pemkot Ambon Canangkan Pandai Berhitung Dengan Metode GASING
    error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
    X