AMBON, Ambontoday.com- Komite VI DPD RI merupakan salah satu mitra kerja dengan OJK dan sinergitas ini berjalan dengan baik.

“Kerja sama yang terjalin khususnya dengan pendampingan-pendampingan UMKM, memberikan sosialisasi dan edukasi terkait dengan literasi keuangan,” kata Anggota DPD RI Dapil Maluku, Novita Anakotta kepada media ini di Ambon, Jumat (13/5/2022).

Menurutnya, OJK sangat aktif untuk memfasilitasi dalam usaha naik kelasnya sebuah UMKM.
“Cukup aktif sekali dan sinergitas berjalan cukup baik, OJK memfasilitasi bank-bank milik Pemerintah (Himbara) untuk memberikan CSR-CSR . OJK sangat luar biasa untuk melakukan hal tersebut, dan ujung-ujungnya untuk pertumbuhan ekonomi di Maluku,” jelasnya.

Untuk itu, Ia berharap, OJK kerjanya lebih dioptimalkan dan pasti akan memberikan manfaat yang terbaik bagi Maluku, karena saya adalah komite 4 dan akan memberikan yang terbaik dan kontribusi terbesar di Maluku.

“Sebenarnya UMKM bukan hanya di Maluku tapi diseluruh Indonesia, rata- rata UMKM itu banyak yang sulit naik kelas jadi semuanya kembali ke karakter. Pendampingan untuk UMKM itu sangat terbatas, sosialisasi dan penguatan supaya UMKM jangan menjadi pekerja ultra yang ada di kelompok mikro tapi bagaimana bisa naik kelas,” paparnya.

Ia menambahkan, informasi terkait dengan Program KUR yang belum tersosialisasi dengan optimal karena kurangnya rentan kendali sehingga pihak perbankan juga memiliki keterbatasan, dalam hal literasi keuangan.

“Salah satu UMKM tidak berkembang karena faktor finansial, untuk itu saya akan berkoordinasi dengan pihak OJK untuk bisa datang ke kelompok UMKM untuk memberikan sosialisasi, dan lewat OJK bisa memfasilitasi kepada Himbara yang mempunyai program-program KUR,” tuturnya.

Lanjutnya, Sekarang ini KUR adalah bantuan pemerintah yang betul-betul menguntungkan UMKM karena bunganya sudah di subsidi, itu memang yang tidak tersosialisasi.(AT-009)

 

Print Friendly, PDF & Email