17 June 2024
Politik

OPD Mangkir Pengaruhi Pandangan Fraksi DPRD

AMBON, Ambontoday.com-
Rapat Banggar DPRD Maluku bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dipimpin Sekda Maluku untuk membahas LPJ tahun 2022, ternyata belum berjalan maksimal.

Pasalnya, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak menghadiri rapat penting tersebut.

Sikap para pimpinan OPD tersebut ditanggapi santai oleh sebagian besar anggota Badan Anggaran DPRD Maluku.

Salah satu wakil rakyat, Rovik Akbar Afifudin kepada sejumlah media, kemarin menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan untuk datang ataupun tidak kepada pimpinan OPD.
Namun Ia mengingatkan, hal ini akan berpengaruh pada presepsi DPRD terhadap LPJ tahun 2022 tersebut.
Menurutnya, jika hadir untuk menjelaskan secara teknis, maka akan berpengaruh terhadap pandangan fraksi.

“Kita tidak mempermasalahkan ketidakhadiran namun patut di ingat bahwa persepsi anggota dan fraksi terhadap LPJ yang dialokasikan di dinas anda tidak akan tuntas. Ini akan terlihat dalam sikap kita, karena kita sama-sama sepakati anggarannya mereka yang laksanakan ya mereka harus lapor ke kita,” ucapnya di Ambon, Senin (7/8/2023).

Sekertaris DPW PPP tersebut menyatakan, tidak memperdebatkan ketidakhadiran para OPD, namun yang terpenting adalah penjelasan secara komprehensif.

“Kalau normatif mari kita artikan apa yang kita baca kita analisa berdasarkan kemampuan dan pengetahuan kita, tapi kan kita tidak laksanakan,” tukasnya.

Dirinya menambahkan, indikasinya memang terjadi kemacetan di Pemerintah Daerah Provinsi Maluku.
“Kita sudah minta ke pak sekda eselon I di Pemda Provinsi Maluku dan kalau OPD tidak datang ya kita tidak masalah,”pungkasnya. (AT-009)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X