Papilaya Resmikan Gedung Kantor Inspektorat Kota Ambon

Ambontoday.com, Ambon – Laporan singkat rehabilitasi Gedung kantor Inspektorat Kota Ambon yang dibacakan oleh Kepala Dinas Tata Kota Ambon, Denny Lilipory mengatakan, rehabilitasi gedung kantor Inspektorat Kota Ambon dilaksankan selama tiga tahun anggaran dengan total anggaran sebesar Rp. 2.537.000.000 yang bersala dar Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Dikatakan, bangunan ini berfungsi sebagai gedung kantor 2 lantai, dengan luas untuk masing-masing lantai adalah 197 M2, sehingga keseluruhan bangunan adalah 394 M2.

Diakui, struktur bangunan terdiri dari pondasi plat betobertulang, lantai granit, rangka bangunan, beton bertulang, dinding batu bata, atap rangka baja ringan dan penutup atap genteng metal.

“kami menyampaikan permohonan maaf, apabila selama masa pelaksanaan perkerjaan ini telah menimbulkan ketidaknyamanan bagi semua pihak khususnya pimpinan dan staf Inspektorat Kota Ambon dalam pelaksanaan tugas rutin kantor setiap hari,” ungkap Lilipory.

Dia berharap, dengan tersedianya gedung kantor Inspektorat Kota Ambon yang memiliki sarana dan prasarana perkantoran yang layak dan memadai bagi aparat Pemkot Ambon khususnya pimpinan dan staf Inspektorat Kota Ambon, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan bagi sesama aparat pemerintah kota maupun bagi masyarakat Kota Ambon secara umum.

Sementara itu, Penjabat Walikota Ambon dalam sambutannya mangatakan, sebuah kebanggaan bagi Pemerintahan Kota Ambon karena memiliki gedung kantor Inspektorat Kota Ambon yang cukup representatif. Oleh karena itu, saya percaya bahwa dengan adanya kantor ini, maka seluruh tugas-tugas yang terkait dengan Inspektorat dapat dilaksanakan.
“Mudah-mudahan ada semangat yang baru dan komitmen yang kuat dari seluruh pegawai dilingkup Inspektorat Kota Ambon untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam kegiatan -kegiatan terhadap pengawasan di Kota Ambon,” Harap Papilaya
Baginya, paradigma pengawasan sekarang ini telah berubah fungsi, jadi penagwasan bukan lagi mencari-cari kesalahan tapi lebih banyak sebagai pemberi peringanan untuk menjamin kualitas sebagai wadah konsultasi.

Maka dengan demikian, keberadaan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) sangat penting dan stategis dimiliki, karena tugas dan kinerja dari APIP dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan,
pertanggungjawaban serta pemberian rekomendasi perbaikan pada setiap kebijakan.

“Disetiap perencanaan kebijakan seharusnya sudah ada APIP, yang semua perencanaannya dimulai dari awal sampai pelaksanaanya dan pertanggungjawabanya itu berada dalam sebuah koridor perencanaan yang baik secara tertata, terukur dan tertanggung jawab,” paparnya.

Diakui Papilaya , APIP dapat bekerja secara profesional, intregitas, dedikasi, kejujuran dan memiliki hati yang bersih serta kepekaan sehingga dapat mengupayakan pencegahan korupsi dalam pelayanan di semua bidang.

Selain itu, Inspektorat Kota Ambon dibutuhkan untuk menjalankan tugas pokok dan diuji sebagai pembina pengawasan dilingkup Pemkot Ambon dan menjadi agen perubahan terhadap kondisi yang transparan, akuntabel dan bermartabat. (Els)

Jadilah Orang Pertama share:
author