AMBON, Ambontoday.com- Pasca Gangguan saluran internet selama dua hari, PT Telkom Maluku meminta seluruh Pelanggang ataupun masyarakat bisa menggunakan jaringan seluler (Data).

Pernyataan ini diakui General Manager PT. Telkom Maluku, Harris Setyawan kepada media ini melalui saluran handphone, Senin Malam.

Dirinya mengakui, perbaikan jaringan internet dalam proses. Untuk itu, kami akan usahakan sehingga dapat diperbaiki secepat mungkin, dan kepastian kapan normal kita tidak tahu.

“Sekarang yang kita fokuskan adalah jalur alternatif dengan cara membuat aliran trafic, sambil menunggu perbaikan jaringan internet yang sementara terganggu,” katanya.

Ia menambahkan, beredarnya informasi
diputus jaringan pada tanggal 24-30 itu adalah bukan jaringan Telkom, yang putus itu adalah jaringan Palapa Ring tengah.
Palapa Ring itu salah satu jaringan yang dimiliki kementerian Kominfo, yang membuat jaringan pegon yang di jual kepada operator. Telkom merupakan salah satu Pelanggang Palapa Ring Timur.

“Kominfo memiliki inisiatif untuk membuat jaringan kabel optik yakni Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, Palapa Ring Timur. Kalau di wilayah Maluku Palapa Ring Timur membentang dari Pulau Wetar, Saumlaki, Tual, dan Papua, sedangkan Palapa Ring Tengah ada di Maluku Utara dan Maluku Tengah . Ini tidak ada kaitan dengan jaringan sekarang,” tambahnya.

Oleh karena itu , diinformasikan bahwa betul akan di putus jaringan tapi bukan Telkom, dan tidak ada hubungannya dengan jaringan yang terjadi sekarang.

Tak hanya itu, untuk mengatasi pembelajaran secara daring bagi anak sekolah, mahasiswa maupun masyarakat umum dengan cara prioritas yang kita selesaikan dahulu adalah yang banyak digunakan masyarakat yakni Telkomsel.

“Dengan kondisi seperti ini memang tidak nyaman, tapi yang minimal yang dilakukan anak sekolah, mahasiswa atau masyarakat umum memerlukan akses internet saat ini kita persilahkan menggunakan jaringan seluler. Itu merupakan alternatif yang paling memungkinkan dalam kondisi sekarang sambil kita menunggu proses dari incruetman jaringan pegon yang akan diperbesar dan perlebar,” tuturnya.

Lanjutnya, pihaknya akan mengalihkan sebagian trafic yang ada di Manado. Kita akan usaha semaksimal mungkin untuk trafic ini dialirkan dari Manado, dan sudah di Launching tinggal kita menata perpindahan dari satu kota ke kota lain. (AT-009).