Saumlaki, ambontoday.com – Kunjungan Dekan Fakultas Hukum Universitas Patimura (UNPATTI) Rory Akyuwen ke Universitas Lelemuku Saumlaki (Unlesa) Fakultas Hukum, dalam kunjungan itu, Akiwen yang didampingi Kabag Hukum Kemenkumham  Wilayah Maluku Mezak Batlayeri langsung bertatap muka dengan para dosen hukum dan seluruh mahasiswa Fakultas hukum Unlesa.

Akiwen dalam menyampaikan berbagai macam pikiran dan pengalam untuk membangun Fakultas Hukum Unlesa, dari diskusi itu Dekan Fakultas Hukum Unpatti dengan merasa memiliki terhadap perkembangan pendidikan di Unlesa khusus di bidang hukum.

“Saya tidak terpikir bisa ada bersama dengan Basudara yang ada di Fakultas Hukum Unles, mungkin ini jalan Tuhan dalam pertemuan ini, sebagai anak negeri dibumi raja-raja ini mempunyai tanggung jawab moril untuk saling menopang, membenahi dalam dunia pendidikan, teristimewa pada perguruan tinggi,” ujar Akyuwen.

Akyuwen menambahkan, perlu ada kolaborasi antara Fakultas Hukum Unpatti dan Fakultas Hukum Unlesa, dari semua segi, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Maluku.

“Saya punya keinginan yang sangat mendalam untuk dapat berkolaborasi dengan Fakultas Hukum Unlesa, mengingat Unlesa baru lahir belum sebulan, namun mempunyai keinginan yang tinggi untuk memajukan dan meningkatkan ilmu hukum bagi generasi penerus bangsa yang kebetulan lahir di Kabupaten Kepulauan Tanimbar,” ungkapnya.

Dikatakan juga, pekan depan pihak Fakultas Hukum UNPATTI dan Fakultas Hukum Unlesa akan melakukan penandatanganan kerjasama dari segala sisi, guna saling mengisi dan memberi motivasi, dorongan sesama Fakultas.

“Kerjasama ini akan kami rintis dari sisi pengajar, dimana Fakultas Hukum Unpatti siap untuk menyiapkan tenaga pengajar, baik tenaga pengajar yang bergelar Doktor maupun Profesor, mengingat UNPATTI adalah Universitas negeri tertua di Maluku yang mempunyai tanggung jawab moril untuk memberikan yang terbaik didunia pendidikan,” jelas mantan Wakil Dekan III Fakultas Hukum Unpatti delapan Tahun itu.

Lanjut Akyuwen, dalam rangka Dies Natalis ke 66 Tahun Fakultas Hukum Unpatti, ada 66 mata lomba yang akan dilombakan, dan pihaknya memberikan kesempatan kepada Fakultas Hukum Unlesa untuk ikut ada bersama merayakan Dies Natalis Fakultas Hukum dari sisi peradilan semu.

Di Kesempatan yang sama, Kabag Hukum Kemenkumham Wilaya Maluku Mezak Batlayeri katakan, Universitas Lelemuku Saumlaki (Unlesa) mesti menjadi tolak ukur dan mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, cerdas, dan bermartabat.

“Kita mesti menjadi anggrek yang menerangi dari sisi pendidikan, baik dari kedaerahan hingga ke dunia internasional, mengingat bunga Lelemuku itu langka dan mempunyai keindahan yang luar biasa, semoga kampus Lelemuku dapat menjadi yang terbaik bagi generasi Tanimbar, Maluku dan Indonesia,” tutupnya.

Hadir dalam tatap muka itu, Dekan Fakultas Hukum Unlesa Jusuf Luturmas, Wakil Rektor IV Unlesa Carters A Rangotwat, Kaprodi Hukum Fakultas Hukum Unlesa Benediktus A A Terwarat dan seluruh unsur dosen Hukum. (AT/RM)