20 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Ekonomi

Pekerjaan PPP Dobo Rampung di Tahun 2024

Ambontoday.com, Ambon.- Pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Dobo kini akan memasuki tahun ketiga, dikerjakan sejak tahun 2022, dan diperkirakan akan selesai di tahun 2024. Sebanyak 94 titik tiang pancang dermaga sejak 2022 sudah mulai di tanam dimana satu titik bisa memakan 3 tiang pancang.

Demikian disampaikan PPK Proyek PPP Dobo yang juga Sekertaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, M. Latuconsina, S.Pi, M.Si kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin 12 Februari 2024.

Menurutnya, pekerjaan Pelabuhan Perikanan Dobo ini adalah proyek bertahap dan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang ada.

“Pekerjaan ini sudah dilakukan sejak tahun 2022, dan proyek ini dikerjakan secara bertahap dalam beberapa tahun karena disesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang ada. Untuk pekerjaan pada tahun 2022 itu baru sebatas pengadaan tiang pancang dan pemancangan.

Ditahun 2023, ada lagi pekerjaan pengadaan tiang pancang dan pemancangan juga pemasangan rangka plat besi sekaligus pemotongan tiang pancang yang belum sejajar dan rapi.

Di tahun 2024 ini, nantinya seluruh tiang pancang yang sudah tertananm akan dipotong agar sejajar, kemudian dilakukan pemasangan rangka besi dan pengecoran sampai selesai. Jadi diperkirakan sampai bulan Desember 2024 seluruh pekerjaan PP Dobo sudah Selesai,” jelas Latuconsina.

Dikatakan volume pekerjaan tambahan PPP Dobo ini adalah panjang 30 meter dan lebar 8 meter. Dermaga ini ditujukan untuk di singgahi kapal perikanan baik yang berukuran kecil sampai 30 GT bahkan lebih.

“Kita optimis seluruh pekerjaan PPP Dobo ini akan selesai di tahun 2024. Panjang dermaga yang dikerjakan yakni tiga puluh meter dan lebar delapan meter. Pekerjaan tambahan dermaga ini sendiri menggunkan anggaran (DAK) APBD.

Pembangunan tambahan PPP Dobo ini dilakukan dengan anggaran (DAK) APBD. Untuk pekerjaan tahap pertama di 2022 memakan anggaran sekitar 5 miliar, tahun 2023 9 miliar dan untuk tahun 2024 ini nanti sekitar 9 miliar,” beber Latuconsina.

Dirinya berharap, pekerjaan tambahan PPP Dobo ini bisa segera selesai agar dapat disingahi oleh kapal-kapal perikanan dengan begitu akan menambah masukan PAD bagi sector perikanan.

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X