Ambon, Ambontoday.com – PT PELNI Cabang Ambon menyiapkan 11 kapal untuk menangani arus mudik pada hari raya lebaran nanti. Hal ini disampaikan oleh PLH General Manager PT Pelni Cabang Ambon, Djasman kepada wartawan dalam konfrensi persnya yang berlangsung di Kantor Pelni Cabang Ambon, Selasa (22/5/2018).

Menurutnya, pada bulan Mei hanya ada 8 kapal yang berlayar dan akan dapat tambahan 3 kapal lagi pada bulan Juni sehingga nantinya akan ada 11 kapal yang berlayar untuk menampung masyarakat yang mudik lebaran. “Persiapan kapal penumpang kita nanti ada di bulan Mei-Juni untuk yang di angkutan lebaran dan arus balik, baru 8 kapal dengan trayek yang masih seperti biasa. tetapi setelah masuk bulan juni, ada 11 kapal,” ujarnya.

Tiga kapal yang akan berlayar untuk menangani arus mudik tersebut adalah Kapal Gunung Dempo, Kapal Ciremai, dan Kapal Tatamailau. Ketiga kapal tersebut juga akan menangani 4 trayek tambahan dan total trayek untuk ketiga kapal tersebut berjumlah 12 trayek.

“Dan yang untuk kapal tatamailau, gunung dempo dan ciremai, itu rata-rata selama di ambon ini nanti ada 4 kali trayek untuk per kapalnya, jadi ada 12 trayek rekayasa dari yang biasanya. dari yang selama ini tidak pernah masuk, tatamailau, gunung dempo dan ciremai, kita defiasikan masuk untuk angkutan lebaran. jadi mudah-mudahan dari itu kita bisa mencukupi keperluan penumpang untuk memindahkan penumpang dari satu penumpang ke tempat lain. yang utamanya ke tempat tujuan,” tuturnya.

Kemudian yang untuk tambahan kapasitas angkutnya rata-rata 58 persen dan tidak semua kapal sama. Hal ini dikarenakan ada berapa bagian yang besar Kapal seperti Kapal tidar dan Kapal Ngapulu yang kapasitas angkutnya sampai 73 persen. “Tapi khusus untuk kapal lain, ada. rata-rata untuk kapal kita yang akan masuk ada sekitar 58 persen,” tambahnya.

Sedangkan untuk Kapal Perintis, akan ada 5 kapal yang melayani arus mudik maupun arus balik. “Kemudian untuk kapal perintis, yang sekarang lagi melayari trayeknya ada 4 kapal. 2 sementara masih di doking, dan itu tanggungjawab perhubungan. tapi dalam waktu dekat ini, rencananya satu kapal itu akan bergerak dari bitung ke ambon untuk menambah mencukupi. karena kita punya lima trayek, yang baru terlayari empat trayek, satu trayek ini nanti akan dicukupi dengan 31 trayek dengan sanus 31,” terangnya. (AT-011).

Print Friendly, PDF & Email
Spread the love