Pelupessy : Ibu Hamil Wajib Tes HIV Sejak Dini

Ambon, Ambontoday.com – Guna menemukan Virus HIV sejak dini bagi ibu hami di Kota Ambon, Dinas Kesehatan Kota Ambon selalu melakukan pemeriksaan yang telah berlangsung beberapa tahun ini. Hal ini diakui oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy saat Konfres bersama awak media di ruang kerjanya, Kamis (18/1/2018).

Menurutnya, perlunya pemeriksaan dini bagi ibu hamil sehingga apabila terdekti HIV segera diobati, dan juga tidak berlanjut ke AIDS.

“Pentingnya pemeriksaan dini agarIbu hamil terdeksi HIV langsung dapat diobati sebelum masuk dalam tingkatan AIDS,” ungkap Pelupessy.

Tak hanya itu, para ibu hamil juga akan melakukan pemeriksaan awal untuk penyakit TB paru di Skrening HIV, Hepatitis dan Sifilis.

Lanjutnya mengakui, bagi para ibu hamil untuk selelu memeriksa kemailannya ke Puskesmas terdekat, sehingga seluruh penyakit yang ada dapat terdeksi, sehinnga dapat dilakukan langkah awal baik pencegahan dan pengobatan dini.

“Jangan bosan-bosannya ibu hamil untuk memeriksa kesehatan dirinya bersama bayi ke puskesmas, karena kesehatan ibu dan sang bayi adalah hal penting,” tutupnya. (AT-009)

author