Kab.Malteng Pendidikan

Pemasangan Internet Sekolah Dirasakan Menjawab Kebutuhan

Ambontoday.com, Ambon.- Program Internet Sekolah melalui dana afirmasi BOS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Tengah saat ini tengah dalam proses pemasangan di sejumlah titik (sekolah) yang menjadi titik sasaran yang tersebar di wilayah Kabupaten Maluku Tengah.
Penanggungjawab program internet sekolah melalui dana afirmasi BOS Kabupaten Maluku Tengah, O. Noya menyampaikan, memang program ini agak mengalami sedikit keterlambatan dalam pemasangannya dikarenakan pihak penyedia mengalami sedikit kendala teknis akibat situasi pandemic Covid-19, namun hal itu bukan persoalan selama pihak penyedia masih bersedia dan menjamin untuk melaksanakan tanggungjawab.
Menurut Noya, Saat ini jumlah perangkat yang akan dipasang di sejumlah sekolah di Maluku Tengah itu berjumlah 54 unit, dan proses pemasangannya sementara dalam progress dan harus selesai dalam tahun ini.
“Saat ini proses pemasangan perangkat sementara dilakukan di sejumlah titik yang menjadi sasaran penerima proram dan dalam tahun ini seluruhnya sudah harus selesai.
Diharapkan setelah perangkat terpasang di sekolah-sekolah, dapat dimanfaatkan dan dijaga sebaik mungkin untuk menunjang tugas-tugas di masing-masing sekolah,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMP 101 Tehoru, M. Zen Kohilay, saat dikonfirmasi via telephone menyampaikan, saat ini sudah selesai pemasangan perangkat internet di sekolah.
“Iya pemasangan perangkat internet sekolah sudah selesai dan saat ini kita sementara menggunakannya, dan dari sisi kwalitasnya jaringan perangkkat ini sangat bagus dan dapat membantu pihak sekolah dalam melakukan proses pengimputan data secara online.
Memang pemasangan perangkat ini agak sedikit terlambat dari jadwalnya, namun itu tidak masalah yang penting sekarang sudah terpasang dan dapat diimanfaatkan,” ungkap Kohilay.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMP PGRI Laha, Kabupaten Maluku Tengah, Wa Ode Wau, SE saat dikonfirmasi Senin 18 Oktober 2021 menyampaikan, dilihat dari sisi manfaat keberadaan perangkat internet sekolah ini tentu akan sangat membantu tugas-tugas sekolah khususnya dalam hal pengimputan data.
“Memang keberadaan perangkat internet sekolah ini tentu akan turut membantu tugas-tugas sekolah khususnya dalam pengimputan data, hanya saja kita belum mencobannya karena baru selesai dipasang tadi malam.
Selain itu pemasangan perangkat ini agak terlambat sehingga ada hal penting yang diharapkan bisa ditunjang melalui keberadaan perangkat internet ini yakni Asesment yang dilakukan tanggal 4 kemarin namun terlambat, lagi pula perangkat ini juga mesti menggunakan paket data,” jelasnya.
Kepada media ini melalui sambungan telephone, Decky salah satu teknisi pemasangan perangkat internet sekolah di lokasi Kecamatan Tehoru menyampaikan, saat ini untuk kecamatan Tehoru sdah sebanyak 11 titik yang selesai dipasang.
Dijelaskan, perangkat internet sekolah ini memang menggunakan pulsa dan ada penyedia layanannya. Namun dari segi kualitas jaringan perangkat ini sangat menjamin signal internet yang kuat dan cepat dalam mengUpload atau mendownload data.

    Baca Juga  Anak Kapolsek Kelas 1 SD Jadi Pemimpin Upacara Bendera di Sekolah
    error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
    X