Pemkot Ambon Gelar Kampanye KTR dan Narkoba Bagi Duta Anti Rokok Se-Kota Ambon

Ambontoday.com, Ambon – Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Kesehatan Kota Ambon menggelar Kampanye Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Narkoba untuk Duta Anti Rokok Se-Kota Ambon yang berlangsung di Taman Budaya Ambon.

Dalam Sambutan Penjabat Walikota Ambon, Ir. Frans J. Papilaya yang dibacakan oleh Sekertaris Kota Ambon, A. G. Latuheru mengatakan, tujuan dari kampanye Kawasan Tanpa Rokok (KTR) adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi seluruh masyarakat, terutama generasi muda yang terpilih sebagai duta anti rokok se-Kota Ambon untuk tanggap terhadap epidemi tembakau yang berdampak pada kualitas SDM dan pembiayaan kesehatan makin meningkat untuk pentakit tidak menular.

Dikatakan, pemasaran rokok oleh industri rokok sarat unsur eksploitasi dengan memanfaatkan ketidaktahuan konsumen dan ketidak berdayaan masyarakat yang kecanduan, walaupun produknya membunuh dan kandungannya yang membahayakan.

“Fenomena yang dimanfaatkan oleh indudtri rokok untuk meluaskan bisnis aksinya di Indonesia, menyebabkan mitos provokatif yang menghadapkan kesehatan masyarakat dengan kerugian petani tembakau,” ungkap Latuheru.

Maka dengan begitu, Pemkot Ambon merupakan konstribusi sebagai solusi pada akar masalah dengan membuat Perwali No. 27 Tahun 2015 tentang kawasan tanpa rokok, untuk dikampanyekan pada lingkungan Pemerintah Kota Ambon, seluruh wilayah pelayanan kesehatan, maupun temnpat-tempat pendidikan.

Diakui Latuheru, kekuatan peran serta masyarakat dalam penegakan KTR, kebijakan laranagn iklan, pengembangan dan implementasi rekmale kotor harus dapat di batasi sebagai mana mestinya untuk kalangan muda saat ini.
Dia berhapa, dengan adanya kampanye Kawasan Tanpa Rokok dapat memberikan wawaan dan pemikiran yang positif bagi kita ytuk dapat memandang perlu tentang masalah rokok didalam kehidupan sehari-hari. (AT.009)

Jadilah Orang Pertama share:
author