Pemkot Ambon Gelar Seleksi Terbuka JTP di Ambon

Ambon, Ambontoday.com – Pemerintah Kota AMBON melalui Badan Kepegawaian Dearah (BKD) Kota Ambon menggelar Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama (JTP) di Lingkup Pmerintah Kota Ambon yang pertama kalinya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk mengisi kekosongan jabatan yang berjumlah 12 di Lingkup Pemerintah Kota Ambon, maka peserta yang ikut dalam seleksi ini berjumlah 45 orang. Hal ini diakui oleh Sekertaris Kota Ambon. A.G. Latuheru dalam laporannya di Hotel Pasific, Senin (12/2/2018).

“12 jabatan yang kososng diantaranya Badan Pengelolah Pajak dan Retribusi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Perindustrian Perdagangan, Dinas Sosial, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pengendalian Kependudukan dan KB, Dinas
Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Ambon,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, seleksi jabatan ini dilakukan untuk mendapatkan pejabat yang sesuai dengan kompiti yang dibutuhkan oleh Pemerintah Kota Ambon.

Dikatakan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk itu, Pemerintah Kota
Melaksanakan seleksi terbuka dalam Lingkup Pemerintahan  Kota Ambon.

“Yang telah memenuhi syarat serta berhak untuk mengikuti  seleksi yang ada juga ada beberapa dari luar yakni Pemerintah
Provinsi Maluku,” ucap Richard.

Selain itu, pemilihan Pejabat Tinggi Pratama melalui seleksi terbuka bertujuan untuk menciptakan kinerja yang telah maksimal karena seleksinya melalui suatu proses.

“Pelaksanaan seleksi terbuka untuk menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama ini untuk mencarai pejabat yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas dan bersemangat kerja yang tinggi dalam mendukung perubahan dan mensejaterakan masyarakat,” katanya.

Selain itu, Seleksi terbuka ini untuk menjamin objektifitas keadilan, transparansi dan akuntabilitas dan jika nanti peserta lolos ada seleksi tersebut, bukan hanya sekedar ingin menjadi pejabat pimpinan tingggi prata (Eselon IIB), tetapi harus mampu melaksanakan apa yang telah menjadi Visi Misi Pemkot Ambon.

“Pejabat pimpinan tinggi pratama sangat mempunyai peran penting dan strategis dalam struktur organisasi pemerintah, pejabat pimpinan tinggi prata merupakan jabatan antar dalam menjabatani dan mengoperasikan kebijakan dan program yang telah ditetapkan, serta harus mampu mencernah, mengelolah dan merealiasaikan tujuh agenda prioritas yakni, Ambon Terang, Ambon Bersih, Ambon Tertib, Ambon sehat, Ambon Cerdas, Ambon Berbudaya, Ambon Sejaterah.

Dalam seleksi Para asesor yang menyeleksi calon pejabat pimpinan tinggi pratama berasal dari kementerian dalam negeri RI 6 orang, pelaksanaa seleksi dilakukan, tes psikologi kepribadian, tes kepemimpinan, leadership group discusion, wawancara kompentensi, analisa kasus.

Dirinya berharap, dengan adanya seleksi terbuka ini, dapat menggali potensi kandidat melalui observasi latar sesuai dengan tuntunn situasi dilingkungan penugasan. terbuka bagi pejabat pimpinan tinggi pratama dilingkup pemkot Ambon diselenggarakan dari 22 januari-22 februari 2018. (AT-009)

author