13 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon

Pemkot Ambon Tinjau Lokasi Kebakaran Kawasan Jalan Pala

 

AMBON, Ambontoday.com- Pemerintah Kota Ambon meninjau lokasi kebakaran kawasan jalan pala Kecamatan Sirimau, Kelurahan Uritetu, Kota Ambon.

Peninjaun dipimpin oleh Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena di dampingi Dandim 1504 Ambon Letkol Arh Tengku Soni Senatha, Wakapolresta pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease AKBP Heri Budianto, dan sejumlah Penjabat Pemkot Ambon, Selasa ( 16/05/23).

Walikota Akui, Pasca kebakaran semalam, maka Pemkot Ambon telah melakukan penanganan darurat. Dan untuk mengetahui penyebab kebakaran telah ditangani langsung oleh pihak kepolisian.

“Jadi saya bersama Pak Dandim dan Wakapolres kita meninjau lokasi kebakaran yang terjadi kemarin di Lokasi pasar Gambus,” katanya.

Dikatakan, Dari Data yang kita peroleh ada 110 rumah yang terbakar, 103 kepala keluarga, 219 jiwa korban kebakaran. Nah kita sudah tinjau lokasi, untuk penyebab kebakaran nanti menjadi kewenangan pihak kepolisian.

“Yang pasti Pemkot berupaya untuk segera melakukan penanganan darurat pasca kejadian kebakaran dimaksud,” ucapnya.

Dilanjutkan, saat ini warga yang mengungsi telah menempati dua lokasi untuk tempat pengungsian yakni ruang tunggu pelabuhan Slamet Riyadi dan Pasa Gotong Royong.
Pemkot Ambon akan menyedikan dapur umum dan menyediakan akan kasur dan batal bagi korban kebakaran.

“Pengungsi saat ini kan berada di ruangan tunggu pelabuhan kecil dan
menempati pasar gotong royong lantai 2. Jadi 219 jiwa ini akan kita tempatkan diruang tunggu sini dengan prosedur mekanisme penanganan darurat yang telah diatur sesuai aturan yang berlaku. Diman mereka tinggal disini, nanti kita sediakan dapur umunya untuk menyuplai makanan buat mereka di setiap waktu jam makan dan yang lainnya Kasur bantal dan sebagainya akan kita siapkan,” jelasnya.

Sementara yang berada di pasar gotong royong, saya rasa lebih layak dibanding dengan kita membangun tenda-tenda dengan kondisi hujan seperti saat ini, tapi nanti mereka sulit terutama masalah kesehatan mereka bisa terganggu, kita juga akan pasang posko kesehatan di sini dari Puskesmas di Kelurahan ini. (AT-009)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X