Pemkot Gelar Gelar Sosialisasi Kesetaraan Gender Terkait P3A

AMBON, Ambontoday.com– Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Pemberdayaan Perempuandan Perlindungan Anak, Masyarakat Desa (DP3AMD) Kota Ambon menggelar sosialisasi kesetaraan Gender terkait Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) sekaligus pelantikan 31 orang Tim Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) di Kota Ambon Tahun 2018-2021, yang berlangsung di Hotel Marina Ambon, Kamis (12/7/2018).

Turut hadir dalam kegiatan dinaksud antara lain; 100 orang yang terdiri dari seluruh SKPD, 1 orang staf perencanaan dari setiap SKPD di lingkup Pemerintah Kota Ambon, Asdep Kesetaraan Gender Bidang Infrastruktur dan Lingkungan, Niken Kiswandari, Rulian Purmiasa, Sekertaris Kota Ambon, A.G. Latuheru, Kepala Dinas P3AMD Kota Ambon.

Sekertaris Kota Ambon, A.G. Latuheru mengatakan, keberadaan perempuan di Indonesia maupun di provinsi Maluku dan Kota Ambon khususnya masih memerlukan perhatian dari berbagai kalangan, baik oleh pemerintah, lembaga-lembaga sosial keagamanan dan masyarakat dengan berbagai problemanya.

“Kegiatan ini disosialisasikan dengan tujuan para peserta lebih memahami tentang keterkaitan kesetaraan gender,” katanya.

Ia menambahkan, P2TP2A adalah lembaga yang dikelola oleh berbagai stakeholder baik pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, aktivis, pekerja sosial hingga akademisi untuk berperan secara aktif dengan melakukan tindakan -tindakan strategis dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

“Dengan semua ini maka masalah-masalah sosial terkait perempuan dan anak, pemberdayaan perempuan serta pemulihan dan pendampingan hukum bagi anak korban kekerasan,” ungkapnya.

Selain itu, Lanjutnya, pelantikan ini juga dimaknai sebagai ikatan janji moral para pengurus kepada Tuhan, pemerintah, organisasi dan masyarakat.

“Saya percaya P2TP2A kota Ambon akan terus berupaya garda terdepan dalam melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan pelayanan, pendampingan dan advokasi bagi perempuan dan anak, sehingga perempuan-perempuan di Kota Ambon dapat kuat dan mandiri serta mampu mengembangkan potensio yang dimilikinya,” tuturnya. (AT-009/011)

Jadilah Orang Pertama share:
author