Ambontoday.com Maluku Birokrasi dan Pemerintahan Pemkot Gelar  Peningkatan Kapasitas SRIKANDI, Ini Pesan Sekkot
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon

Pemkot Gelar  Peningkatan Kapasitas SRIKANDI, Ini Pesan Sekkot

AMBON, Ambontoday.com-Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmase berharap kegiatan peningkatan kapasitas pengelola Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI),mampu meningkatkan pelayanan publik.

Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmase Rabu(26/4/2023)di Hotel Manise yang akan berlangsung selama 3 hari sejak 26 -28 April 2023.

Ririmase menjelaskan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi merupakan keniscayaan bagi yang hidup di abad 21.
” Terlebih bagi kita yang mengabdikan diri pada sektor pelayanan publik, ada tekanan untuk adaptasi mengikuti perubahan teknologi yang serba cepat berbasis Internet of Things,”ucapnya

Tentunya perkembangan ini memberikan peluang bagi peningkatan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan pihak swasta melalui peningkatan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

Melalui sebuah Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dengan sebutan e-govemment, respon pelayanan publik seharusnya menjadi lebih cepat.

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang lebih dikenal E-Govemment adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE.

Dikatakan ,SPBE bertujuan untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik serta peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan.

Dirinya berharap, Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) dan OPD terkait dapat berperan aktif dalam mengintegrasikan data dan Informasi Arsip yang bernilai pertanggungjawaban Nasional yang keberadaannya tersebar diseluruh Lembaga pencipta Arsip.

“Yang tentunya ke dalam satu system informasi kearsipan yang memungkinkan masyarakat di seluruh wilayah kota Ambon dapat mengakses informasi kearsipan yang bersifat terbuka dari khasana arsip yang dikelola oleh lembaga pencipta arsip maupun Lembaga Kearsipan Daerah Sehingga tercipta Clean Ambon Government,”tandasnya (AT-009)

Exit mobile version