13 April 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Kota Ambon

Pemkot Sosialisasi Delapan Fungsi Keluarga

Ambon, Ambontoday.com – Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Ambon menggelar sosialisasi delapan fungsi keluarga bagi masyarakat yang berlangsung di aula PGSD Ambon, Kamis (3/5/2018).

Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya penerapan 8 fungsi keluarga menuju keluarga bahagia dan sejahtera. Dengan penerapan 8 fungsi keluarga maka anak-anak kita akan menjadi generasi emas yang berguna bagi bangsa dan negara. Dan dalam sosialisasi tersebut diikuiti oleh sebanyak 200 orang peserta.

Dalam sambutan Sekertaris Kota Ambon yang dibacakan oleh Asisten I Sekertaris Kota Ambon, Mien Tupamahu mengatakan, membangun keluarga pada hakekatnya tidak saja berarti mengentaskan keluarga dari kemiskinan harta dan kebutuhan fisik semata. “Salah satu hal yang mendasarinya adalah kebutuhan hidup sejahtera tidak cukup hanya dari pemenuhan kebutuhan lahiriah tapi batiniah,” katanya.

Untuk itu, guna membangun keluarga sejahtera membutuhkan upaya-upaya kearah optimalisasi pelaksanaan fungsi keluarga yang memiliki kedudukan yang sangat strategis. “karena pembangunan keluarga sejahtera itu sebenranya merupakan serangkaian upaya untuk menumbuhkembangkan fungsi-fungsi keluarga yang terdiri dari 8 fungsi keluarga yaitu fungsi agama, sosial, budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi serta pelestarian lingkungan,” ungkapnya.

Ia mengakui, pembangunan keluarga sejahtera tidak terlepas dari upaya berbagai pihak untuk menghidupkan serta mengembangkan fungsi-fungsi keluarga. Oleh karena itu, untuk mengoptimalisasi pelaksanaan kedepaln fungsi keluarga tersebut, perlu ditempuh dengan cara meningkatkan ketahanan keluarganya.

“Ketahanan yang dimaksud adalah kondisi dinamik suatu keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan serta mengandung kemampuan fisik materiil dan psikis mental spiritual guna hidup
mandiri dan mengembangkan diri dan keluarganya untuk hidup harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin,” jelasnya.

Ia berharap, lewat kegiatan ini semua keluarga di Kota Ambon dapat menanamkan dan menumbuhkembangkan nilai-nilai yang ada pada 8 fungsi keluarga, sehingga keluarga menjadi harmonis, sejahtera dan relegius. (AT-011).

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X