20 June 2024
Kab.BurSel

Pemuda Muhammadiyah Bursel Galar Vaksinasi Masal Untuk Semua 

Ambonoday.com – Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Buru Selatan menggelar percepatan Vaksinasi Massal untuk semua, dengan target 5 Ribu orang, berlangsung di Tribun Alun-alun Kota Namrole, Selasa 6 September 2022.

Pelaksanaan vaksinasi massal yang dilaksanakan ini kerjasama Pemuda Muhammadiyah Buru Selatan dengan Dinas Kesehatan Buru Selatan dan dibantu oleh Polres Buru Selatan.

Demikian disampaikan Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Buru Selatan Afrizal Warhangn kepada media ini.

Warhangn mengatakan, percepatan Vaksinasi dengan target 5 Ribu orang yang berlangsung di Tribun Alun-alun Kota Namrole ini, akan dilaksanakan juga di 6 kecamatan di Kabupaten Buru Selatan.

“Kita akan menyebar lagi di kecamatan-kecamatan, kita buka lagi di titik-titik lain agar bisa mencapai kuota 5 ribu yang telah ditentukan oleh DPP Muhammadiyah,’ jelas Warhangn usai dari Namrole akan lanjutkan ke kecamatan Waesama.

Kegiatan vaksinasi ini sebut Warhangn, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Buru Selatan dan TP PKK dan Dharma Wanita Kabupaten Buru Selatan.

Jenis vaksinasi apa yang disediakan kata Warhangn, terganggu stok vaksin yang tersedia oleh Dinas Kesehatan.

“Tergantung vaksin yang tersedia dari Dinas Kesehatan, vaksin I, II, III dan IV, jelas Warhangn.

Tambah Warhangn, percepatan Vaksinasi yang dilaksanakan oleh Pemuda Muhammadiyah ini secara serempak di Maluku termasuk di Buru Selatan sejak 16-28 Agustus 2022.

Pada sambutan Sekertaris Pengurus Daerah Muhammadiyah Buru Selatan Abdul Rasak Pasilete mengatakan, vaksinasi adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia.

“Untuk mencapai herd immunity membutuhkan vaksin setidaknya untuk 181,9 juta jiwa akhir tahun 2020, kementrian Kesehatan Republik Indonesia mencanangkan program vaksinasi COVID-19. Program vaksinasi terbagi dalam dua gelombang di mana gelombang I (Januari – April 2021) untuk petugas kesehatan, petugas public dan Lansia,” jelas Pasilete.

Pasilete mengatakan dengan jumlah masing-masing 1,3 juta jiwa,17,4 juta jiwa dan 21,5 juta jiwa. Sedangkan gelombang II (April 2021 – Maret 2022) untuk masyarakat rentan dan masyarakat lainnya dengan jumlah 63,9 juta jiwa dan 77,4 juta jiwa.

“Pada awal penetapan pendemik melanda Indonesia oleh Pemerintah” ucapnya.

Jelas Pasilete, Pimpinan Pusat Muhammadiyah lewat Majelis Penolong Kesehatan Umum (MPKU) membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), menyiapkan 117 rumah sakit dan lebih dari 200 klinik.

Jelasnya lagi, di Kabupaten Buru Selatan setahun kemari Muhammadiyah lewat Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Buru Selatan telah melaksanakan Vaksinasi di Kecamatan Waesama dan kegiatan Vaksinasi hari ini, merupakan program setelah Pemuda Muhammadiyah, Dinas Kesehatan, Kepolisian, dan Tokoh masyarakat di undang untuk mengikuti kegiatan Vaksinasi Covid-19.

“Perlu kami sampaikan, vaksinasi di Buru Selatan, sasaran dosis I 73.83 persen, dosis II 40,96 persen, dosis III 12,17 persen dan dosis IV 4, 84 persen. Sehingga suda 55, 121 persen,” rinci Pasilete.

Olehnya itu Pimpinan Daerah dan Muhammadiyah Kabupaten Buru Selatan menyambut baik kegiatan Vaksinasi ini untuk penanggulangan Wabah Kovid-19 sehingga Indonesia dapat bebas dari acaman Covid-19 tersebut termasuk buru selatan. (Biro BurseL)

.

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X