Penyesian Iuran BPJS Kesehatan Berlaku 1 April

Ambontoday.com, Ambon – Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan lakukan penyesiauan tarif iuran BPJS kesehehatan pada tanggal 1 April nanti. Disampaikan oleh Elsa Tutuarima, Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Maluku dalam temu media di aula Dinas Kesehatan Maluku Rabu (16/3).

Menurut Tutarima, penyesuaian iuran berlaku sesuai dengan Peraturan Presiden (Pepres) 19 tahun 2016, dan penyesiauan berlaku untuk keberlangsungan persorangan. Dimana Pepres ini mengganti Pepres nomor 12 tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan.

Untuk iuran perorangan ini berbeda-beda dimana iuran untuk pekerja penerima upah yang terdiri dari PS, TNI/Polri, Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD dan pegawai non pemerintah dikenkan pemotongan 5 persen dari gaji perbulannya, dimana penyesuaian hak kelas perawatan peserta Peserta Penerima Upah (PPU).

“Dimana iuran Jaminan kesehatan ini dari yang tadinya untuk kelas III yang berorang Rp 23.000 naik menjadi Rp30.000 atau mengalami kenaikan sebasar 3 persen untuk prmberi kerja dan 2perse dibayar oleh peserta, sementara untuk kelas II yakni untuk peserta bukan penerima upah (PBPU) dari Rp 48.000 menjadi Rp 51.000 dan untuk peserta kelasi yang tadinya Rp 63.000 menjadi Rp 80.000,kenaikan ini semata-mata untuk peningkatan pelayanan terhadap penggunan jaminan kesehatan,”katanya.

Lebih jelas dikatakannya, dilakukan kenaiakan iuran karena dalam pelaksanaannya tiap 2 tahun harus dilakukan evaluasi terhadap peratutan perudangan sehingga teradi kenaikan terhadap iuran jaminan kesehatan.’

“Walaupun sudah akan berlaku 2 pekan mendatang sampai saat ini BPJS belum melakukan sosialisasi kepada masyarakat pengguna jaminan kesehatan yang ada di Maluku tapi proses sosilaiasi akan dilakukan untuk memberikan pemahanan kepada masyarakat sehingga tidak terjadi simpang siur dan membingungkan masyarakat,”katanya. (AT.007)

Jadilah Orang Pertama share:
author