23 June 2024
Kab.BurSel

Percepat GERMAS Pemkab Bursel Gelar Jalan Santai dan Senam Sehat 

Ambontoday.com – Dalam rangka mempercepat upaya pelaksanaan GERMAS di Kabupaten Buru Selatan, Dinas Kesehatan menggelar jalan santai dan senam senam sehat, Sabtu 3/12/2022.

Sambutan Bupati Safitri Malik Soulisa yang dapat bacakan oleh Asisten II Ibrahim Banda menyampaikan bahwa, GERMAS yang dilaksanakan ini tindaklanjuti dari instruksi Presiden Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 dan instruksi Gubernur Maluku Nomor 5 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GRRMAS) dan dalam rangka mempercepat upaya pelaksanaan GERMAS di Kabupaten Buru Selatan

“Germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh kesadaran, kekompakan kemauan dengan tujuan agar masyarakat dapat berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup sehingga berdampak agar kesehatan terjaga, produktif, lingkungan bersih dan biaya untuk berobat berkurang,” jelas Banda.

Banda menjelaskan, bentuk GERMAS antara lain melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara rutin, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, menjaga kebersihan lingkungan dan jamban sehat.

Banda berharap inovasi dalam mendukung kegiatan GERMAS dalam merubah pola dan perilaku hidup masyarakat di kabupaten Buru Selatan semakin diperhatikan dan ditingkatkan dengan menyediakan sarana aktivitas fisik.

Sambung Banda, ruang terbuka publik, kawasan bebas kendaraan bermotor (car free day), jalur sepeda dan jalur pejalan kaki yang representatif dan aman.

“Melaksanakan kegiatan pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman sayur dan buah, melaksanakan kebijakan kawasan tanpa asap rokok sesuai regulasi yang berlaku,” jelasnya.

Sambungnya lagi, melaksanakan intervensi yang mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang berdasarkan pada kebijakan daerah.

“Sesuai instruksi Bupati Buru Selatan yang telah di terbitkan Nomor 188.5/538 tahun 2021 tentang GRRMAS dengan mengintruksikan kepada camat se-kabupaten Buru Selatan, bekerja sama dengan lembaga/organisasi kemasyarakatan, sekolah/lembaga pendidikan, swasta atau dunia usaha.

“Untuk mengkampanyekan dan mendorong masyarakat dengan kesadaran dan kemauan untuk tercapainya masyarakat sehat di kabupaten Buru Selatan.

“Seluruh organisasi perangkat daerah untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan operasional dengan tema, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Tahun 2021-2024 dengan focus, makan sayur dan buah, melakukan aktivitas fisik dan pemeriksaan kesehatan,” jelas Banda.

Masih jelas Banda, pemeriksaan kesehatan meliputi, memberikan contoh kegiatan makan buah dan sayur dangan menambahkan menu buah dan snack dalam setiap pertemuan.

“Membudayakan aktivitas fisik di tempat kerja dengan melaksanakan pergerakan setiap pukul 10.00 Wit dan 14.00 Wit. Melaksanakan tes kesehatan secara berkala setiap 6 bulan sekali terutama untuk aparatur sipil negara, masyarakat di fasilitasi kesehatan,” ujarnya.

Banda berharap dengan pergerakan GERMAS yang dilaksanakan ini dapat kebudayaan pola hidup sehat agar mampu mengubah kebiasaan perilaku tidak sehat menjadi perilaku sehat. (Biro BurseL)

.

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X