Peringatan World Pharmacists Day 2020, Apoteker Hebat, Masyarakat Sehat

Ambontoday.com, Ambon.- Tanggal 25 September diperingati sebagai Hari Farmasi sedunia atau World Pharmacists Day. Tentu peringatan Hari Farmasi Sedunia 25 September 2020 sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya mengingat situasi penyebaran Covid-19 yang mengglobal.

Ditengah kondisi dan tantangan ini, Apoteker sebagai bagian integral dari tenaga kesehatan di Indonesia turut berperan aktif dalam upaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara global maupun terkhusus di Indonesia.

Demikian disampaiakan Ketua DPD Maluku, Ikatan Apoteker Indonesia sekaligus Korwil Indonesia Timur, Drs. Beni Patiasina,MSc,MM.Apt kepada media ini.

Dikatakan, Tema Central peringatan World Pharmacists Day  2020 “Transforming Global Health” yang kemudian diangkat sebagai Sub Tema peringatan Hari Farmasi di Indonesia yakni “Cermat Menyikapi Infonrmasi dan Peredaran Obat Online”, adalah bentuk kepedulian Apoteker Indonesia dalam melindungi masyarakat dari penyalahgunaan dan kesalahgunaan obat yang berdampak pada kesehatan masyarakat itu sendiri, jelas Patiasina.

Untuk itu, lanjutnya, sesuai jargon Apoteker Indonesia “Tanya Obat Tanya Apoteker” tidak tendensius melainkan wujud kepedulian dan peran Apoteker Indonesia sebagai tenaga profesi kesehatan khususnya di bidang obat-obatan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat.

“Apoteker sebagai bagian dari tenaga profesi kesehatan memiliki kepedulian dan peran dalam memberikan pencerahan serta edukasi kepada masyarakat terkait penggunaan obat-obatan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat,” ungkapnya.

Apalagi di tengah kondisi pandemic Covid-19 saat ini, dimana masyarakat begitu panik sehingga tidak lagi menyaring informasi yang baik dan benar tentang penggunaan obat-obatan yang tepat untuk kesehatan mereka, maka disitulah Apoteker Indonesia hadir untuk memberikan informasi dan edukasi yang baik dan benar.

“Ditengah situasi pandemic Covid-19 saat ini tentu masyarakat begitu panik sehingga sehingga tidak lagi menyaring informasi yang baik dan benar tentang penggunaan obat-obatan yang tepat untuk kesehatan mereka, maka disitulah Apoteker Indonesia hadir untuk memberikan informasi dan edukasi yang baik dan benar.

Selamat merayakan World Pharmacists Day 25 September 2020. Apoteker Hebat, Masyarakat Sehat,” kata Patiasina. AT008

author