Perkuat Pendampingan Desa, DP3AMD Gelar Sosialisasi

Ambon, Ambontoday.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (DP3AMD) Kota Ambon menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas teknis desa dan rapat koordinasi tim inovasi kota untuk memperkuat pendampingan desa yang ada. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Marina Hotel, Jumat (12/10/2018).

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Kota Ambon, Romeo Soplanit mengatakan kegiatan peningkatan kapasitas teknis desa merupakan momen baru dari konsep penyediaan jasa layanan teknis pada pelaksanaan program inovasi desa yang diharapkan dapat menjadi alternatif solusi untuk menumbuhkembangkan semangat goyong royong demi memperkuat desa dan negeri di bidang pengembangan ekonomi lokal.

Selain itu, program inovasi desa merupakan salah satu upaya pemerintah yang terimplementasi melalui kementrian desa,pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi dalam mempercepat penanggulangan keimiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas.

“Salah satu komponen penting dalam pengelolahan pengetahuan dam inovasi desa adalah penyediaan peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD). untuk melaksanakan fungsi P2KTD di butuhkan orang-orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan serta profesionalitas d bidang tugasnya masing-masing,” ujarnya.

Sehingga dengan adanya sosialisasi yang diberikan dapat memperkuat pendampingan yang dilakukan oleh pendamping desa yang ada disetiap desa di kota Ambon.

Tak hanya itu, Pemerintah kota Ambon tetap berkomitmen kuat untuk meningkatkan kesejahteraan warga kotanya yang mana tergambar jelas dalam misi ketiga memberdayakan ekonomi keluarga dan masyarakat menuju kemandirian yang kreatif berbasis sumber daya alam yang tersedia.

“Pemerintah kota Ambon menyadari sungguh bahwa untuk mencapai tujuan pembangunan kota Ambon,sebagaimana tertuang dalam visi dam misi kota Ambon 2017-2020,Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri oleh sebab itu dibutuhkan dukungan da partisipasi serta keterlibatan seluruh komponen masyarakat di kota ini,” tutupnya. (AT-011).

Jadilah Orang Pertama share:
author