Pertahankan Zona Hijau, Negeri Lama Gencar Sosialisai Pencegahan Covid-19

Ambon, ambontoday.Com – Sampai sejauh ini Desa Negeri Lama, Kecamatan Teluk Ambon Baguala masuk dalam kategori zona hijau dari Virus Corona (covid-19) meski diapit oleh desa-desa tetangga, dimana warganya sudah ada yang terkonfirmasi positif terjangkit virus mematikan tersebut.
Demi mempertahankan status zona hijau, Pemerintah Desa bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Desa tak henti-hentinya melakukan berbagai upaya pencegahan baik, lewat sosialisasi maupun aksi-aksi pencegahan langsung kepada masyarakat.
Seperti yang dilakukan pada aksi sosialisasi PSBB, Selasa (23/06), Pemerintah Desa Negeri Lama, bersama Gugus Tugas Desa terjun langsung bertemu dengan warga untuk menyampaikan himbauan Pemerintah Kota Ambon, terkait penerapan PSBB yang sudah dimulai sejak Senin kemarin.
Disela-sela aksi, Pejabat Sementara (Pj) Kepala Desa Negeri Lama, Ansyerin Horhoruw. S.STP, M.Si kepada Ambontoday.Com mengatakan menjaga Desa Negeri Lama agar terhindar dari Virus Corona bukan pekerjaan yang mudah, dan butuh kerja keras dari semua elemen masyarakat termasuk Gugus Tugas Tugas Desa.
“Kita bersyukur karena sampai saat ini Desa Negeri Lama masih aman, dan belum ada satupun bahkan tidak ada yang tertular Corona. Selain dukungan dari masyarakat, kerja kerja serta loyalitas yang tak kenal pamrih juga sangat luar biasa membantu kami di Pemerintah Desa,” ungkap Horhoruw.
Dia mengakui dengan segala keterbatasan yang dimiliki desa, tetapi rasa tanggungjawab dan memiliki terhadap kenyamanan dan keselamatan semua elemen masyarakat, mulai dari Staf Pemerintahan Desa, BPD, Gugus Tugas, Relawan Desa serta perangkat RT/RW dan bebagai unsur didalamnya sejauh ini mampu memproteksi lingkungannya masing-masing.
Berkaitan dengan sosialisasi Perwali Nomor 18 tahun 2020 terkait Penerapan PSBB di Kota Ambon, Horhoruw katakan, Pemerintah Desa sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Kota Ambon, wajib menyampaikan semua regulasi yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19 kepada lapisan masyarakat yang paling bawah.
Untuk itu, Pemerintah Desa Negeri Lama dengan inisiatif sendiri yang diprakarsai teman-teman Gugus Tugas Desa dan Relawan Desa bersama-sama mensosialisasikan aturan dimaksud lewat pengarah suara, spanduk, pamphlet dan brosur baik kepada warga desa maupun pelaku-pelaku usaha yang ada di lingkungan desa.
Aksi tersebut, lanjut dia, mendapat tanggapan positif dari semua pihak, dan secara perlahan-lahan banyak yang semakin sadar untuk menerapkan protokoler pencegahan covid-19, walaupun masih ada segelinir orang yang belum menyadari hal tersebut.
Ditempat yang sama, Ketua Harian Gugus Tugas Desa Negeri Lama sekaligus Ketua Relawan Desa, Morits Tamaela menjelaskan, langkah pencegahan Covid-19 bukan kali ini saja dilakukan oleh mereka yang kebetulan dengan dikeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan menetapkan PSBB berlaku di Kota Ambon, tetapi sejak awal dibentuknya Gugus Tugas Desa dan Relawan Desa telah banyak kegiatan yang dilakukan.
“Mulai dari pembagian masker dan hand sainitiser, sossialisasi penggunaan masker, sampai pada PAM Desa yang terbentuk pada masing-masing lingkungan RT/RW hingga upaya pembuatan sebuah regulasi berskala desa yang tujuanya untuk melindungi warga,” tegas wakil rakyat di Baileo Belakang Soya Ambon ini.
Dengan keterbatasan yang dimiliki Desa termasuk keterbatasan anggaran, namun hal tersebut tidak melunturkan semangat Gugus Tugas dan Relawan Desa untuk berjuang bersama-sama membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Ambon, terkhususnya di Desa Negeri Lama.
“Semangat yang dimiliki Gugus Tugas Desa maupun Relawan Desa dengan mengabdikan diri untuk bersama-sama merasa bertanggung jawab sejak awal patut diberi apresiasi. Karena tanpa mengenal lelah mereka selalu professional bekerja siang dan malam,” jelas Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Ambon ini.
Selain itu dukungan masyarakat yang luar biasa juga, adalah faktor utama yang membuat Desa Negeri Lama masih dikategorikan sebagai desa yang negatif dari Corona atau masuk dalam kawasan Zona Hijau.
“Kerja nyata yang ditujukan menjadi pemicu semangat dan optimisme impian besar semua lapisan masyarakat bahwa Desa Negeri Lama akan tetap aman dan nyaman, bahkan tidak ada satupun warga yang dinyatakan positif terkonfirmasi Virus Corona sampai masa pandemik ini berakhir,” Tutup Tamaela (AT/Atick)

https://click.advertnative.com/loading/?handle=3951
author