17 June 2024
Birokrasi dan Pemerintahan Ekonomi Politik

Pertamina Cabang Ambon Tidak Kantongi Data BBM Subsidi

 

AMBON, Ambontoday.com- Pertamina Cabang Ambon dianggap tidak mengantongi data BBM Subsidi.

Hal ini terpantau oleh media Ambontoday.com- pada Rabu (18/8/2021) di ruang sidang DPRD Kota Ambon saat penyelenggaraan rapat komisi II DPRD Kota Ambon bersama PT Pertamina Cabang Ambon, Zona Migas, Disperindag Kota Ambon, dan asosial sopir angkot di Kota Ambon.

Ternyata, dengan program Langit Biru yang dilaksanakan oleh Pertamina, hanya 2 SPBU di Kota Ambon yang disalurkan Premium. 2 SPBU itu yakni Passo dan Talake, sehingga menyebabkan kemacetan yang terjadi di dua lokasi tersebut.

Usia rapat, Anggota Komisi II DPRD Kota Ambon Fraksi PKB, Ary Sahertian mengakui, sampai dengan saat ini baik dari pihak Pemerintah Kota Ambon maupun komisi belum mendapatkan data kuota BBM untuk kota Ambon.

“Sudah 2 kali rapat, yang kita tekankan dan minta adalah soal data, namun sampai saat ini PT Pertamina Cabang Ambon belum memberikan data kuota BBM untuk kota Ambon termasuk BBM subsidi,” ucapnya.

Untuk itu, secara penuh kita meminta kebijakan penuh dari PT Pertamina , karena apapun resiko kalau kuota dihitung berdasarkan data yang diterima soal kuota penduduk dan luas wilayah terkait dengan sarana dan prasarana seperti minyak, mobil dan lain-lain.

“Dan sampai saat ini belum kita dapatkan dan kita tetap minta agar PT Pertamina berkoordinasi dengan SPBU, Zona Migas sehingga data itu dapat kita peroleh dalam upaya tugas pelayanan DPRD di lapangan,” tukasnya.

Tak hanya itu, dirinya berkata, keterbukaan merupakan tanggung jawab PT Pertamina, karena yang penting adalah soal data.

“Dijawab, secara internal data itu harus diberikan surat, bagi saya dari sisi rasional itu tidak perlu. Sebagai mitra kita harus mendapatkan data itu supaya semua bisa berjalan dengan baik, yang mana tuntutan dari para sopir angkot bisa terpenuhi dan berjalan secara bersama-sama. Namun, tidak ada data sehingga menjadi kendala,” tandasnya.

Sementara, sesuai pernyataan sikap dari para asosiasi sopir angkot yang disampaikan salah satu sopir yang menghadiri rapat, Angki menyatakan, jika dalam kurung waktu 2×24 jam pihak PT Pertamina tidak menyalurkan premium ke seluruh SPBU di Kota Ambon, maka kami akan melakukan orasi secara besar-besaran di Kota Ambon. (AT-009)

Spread the love
error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
X