Pemerintah Kota Pendidikan

Peserta Didik Baru SMA Siwalima didominasi dari Kota Ambon

Ambontoday.com, Ambon – Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Siwalima, La Sini La Haya, mengungkapkan bahwa jumlah siswa tahun ajaran baru 2024 ini didominasi oleh siswa dari Kota Ambon. Dalam keterangannya kepada Media Center Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (DiskominfoSandi) di ruang kerjanya pada Selasa, 9 Juli 2024, La Haya menjelaskan bahwa pendaftar dari Kota Ambon hampir mencapai 150 orang, sehingga otomatis kuota siswa terbanyak berasal dari kota tersebut.

“Kita terbanyak karena pendaftar dari Kota Ambon hampir 150 orang, berarti otomatis kuota kita terbanyak dari Kota Ambon,” katanya.

La Haya mengakui bahwa animo masyarakat terhadap keberadaan SMA Siwalima di Provinsi Maluku, termasuk di Kota Ambon, cukup tinggi. Hal ini mempengaruhi peningkatan jumlah pendaftaran serta penerimaan siswa yang cukup signifikan. Tahun ini, jumlah kelas meningkat dari tiga menjadi lima kelas.

“Karena kebutuhan orang tua bagi sekolah ini, dia sampai di 155. Animo masyarakat sangat baik sehingga pertambahan jumlah siswa semakin meningkat. Tahun kemarin tiga kelas, tahun ini lima kelas,” jelasnya.

Ia berharap proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tahun-tahun berikutnya akan semakin banyak pendaftar dari kota/kabupaten lainnya, sehingga kuota penerimaan siswa dapat lebih merata.

“Jadi kalau kita mau seragamkan masing-masing daerah (jumlah kuota penerimaan peserta didik), kita harus mempertimbangkan usaha anak-anak untuk bagaimana mendaftar,” tandasnya.

La Haya juga berharap para siswa baru dapat berproses dengan baik dan menyelesaikan pendidikan di lembaga ini. Ia menekankan pentingnya kesiapan mental bagi siswa yang memilih SMA Siwalima, terutama dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan tinggal di asrama.

“Dengan memilih Siwalima mereka sudah harus tau, sudah harus bagaimana mempersiapkan diri. Nanti di dalam materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) akan diberikan satu materi terkait dengan proses beradaptasi dengan lingkungan sekolah, tinggal di asrama, intinya mempersiapkan mental,” pungkasnya.

Baca Juga  221 Siswa SMK Negeri 7 Ambon Siap Ikuti Ujian

Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, SMA Siwalima terus berupaya memberikan pendidikan terbaik bagi siswa-siswinya, menjadikan mereka generasi muda yang siap menghadapi masa depan dengan bekal ilmu pengetahuan dan karakter yang kuat.( Oi )

    error: Iklan Hub redaksi@ambontoday.com!!!!
    X